LONDON – Manchester City menggusur Arsenal dari puncak klasemen sementara Liga Inggris musim 2022/2023. Hal itu terjadi setelah City berhasil mendulang tiga poin saat bertandang ke markas Fulham, Ahad (30/4/2023) malam.

Dengan tambahan tiga poin, Man City kini sudah mengoleksi 76 poin dari 32 pertandingan. The Citizen unggul 1 poin dari Arsenal yang sudah bermain 33 pertandingan.

Bermain di Craven Cottage, anak asuhan Pep Guardiola langsung menekan. Alhasil, pada menit ketiga, Erling Haaland berhasil cetak gol pertama dari titik putih.

Tendangan pinalti didapat City setelah Alvarez dilanggar oleh Tim Roem. Haaland sukses sebagai eksekutor. Tendangannya tak mampu ditangkap oleh kiper Fulham, Bernd Leno.

Tertinggal 0-1, Fulham meningkatkan serangan. Alhasil, pada menit ke-15, Fulham berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol itu diciptakan oleh Carlos Vinicius.

Ia mendapat bola di kotak penalti Man City, setelah Roem memberikan umpan panjang. Bola tersebut dipantulkan Harry Wilson untuk Vinicius. Ia pun mengontrol dengan paha, lalu menendang ke gawang.

Sepakan voli ke pojok kiri gawang tak mampu ditepis oleh Ederson.

Imbang, Man City kembali menyusun serangan. Beberapa peluang nyaris berbuah gol. Namun, gol kedua City baru tercipta pada menit ke-36. Adalah Alvarez yang melesatkan bola ke pojok kiri atas gawang. Leno tak mampu menjangkau tendangan melengkung Alvarez tersebut.

Babak kedua tak ada gol yang tercipta. Skor 1-2 bertahan hingga wasit meniup panjang tanda berakhirnya pertandingan.***