TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda yang ke-68, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kuantan Hilir, Kuantan Singingi (Kuansing), Riau melaksanakan berbagai kegiatan, Minggu (8/11/2015) di lapangan bola sekolah. Kegiatan ini diikuti 636 siswa yang terkelompok pada 20 kelas.

Menurut Rengki Prasetio Pramana, selaku ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 1 Kuantan Hilir, kegiatan ini sudah direncanakan sejak seminggu lalu.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan hari sumpah pemuda, dulu kita melaksanakan kegiatan indoor, sekarang outdoor," ujar Rengki kepada GoRiau.com di sela-sela acara.

Adapun lomba yang dipertandingkan yakni Stand Up Comedy, Tarian Randai, Fashion Show, tarik tambang dan pacu goni. "Semua perlombaan ini mengusung tema pahlawan."

"Sedangkan kegiatan indoor beberapa waktu lalu yakni karya ilmiah, lomba mading dan kata-kata mutiara," sambung siswa kelas XI IPA 2 ini.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08112015/sma1jpg-3294.jpgPengurus OSIS SMA Negeri 1 Kuantan Hilir berpose di sela-sela acara peringatan hari Sumpah Pemuda, Minggu (8/11/2015). Meski cuaca panas, siswa dan majelis guru serta pegawai tetap antusias menyaksikan pertunjukan seni kreasi ini.

Untuk pagi hingga siang, setiap lokal mempersembahkan penampilan terbaik di bidang tarian Randai Kuantan dan Stand Up Comedy. "Jadi, lombanya di selang-seling, usai randai langsung Stand Up Comedy, setelah itu randai lagi."

"Nah, kalau untuk tarik tambang dan pacu goni akan digelar sore nanti," jelas Rengki.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Kuantan Hilir, Syamsir S, SPd, kegiatan ini merupakan perwujudan dari visi sekolah yang konsisten dalam membina kesenian daerah.

"Kami sangat mendukung kegiatan yang ditaja oleh pengusu OSIS ini, sebab ini bagian dari visi misi sekolah," ujar Syamsir didampingi Wakil Kurikulum Edison Tuindra, MSi dan Wakil Kesiswaan, Soritua Sidabalok.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08112015/sma2jpg-3293.jpg Majelis guru terpukau dengan penampilan tarian Randai Kuantan dari peserta lomba.Kegiatan ini, lanjut dia, sudah menjadi agenda tahunan dari sekolah. Dimulai sejak lima tahun silam, kegiatan perlombaan sempena hari sumpah pemuda sudah dilaksanakan.

"Dari sini, kita bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air dan bagian dari mempertahankan kebudayaan daerah," ujar Syamsir.

"Kita tahu, seiring perkembangan zaman, budaya asing kian tak terbendung. Tentu ini menjadi pemikiran kita bersama, bagaimana bidaya lokal tetap terjaga dan budaya luar bisa disaring. Maka, sangat perlu kegiatan bertema pahlawan dalam menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa," urai Syamsir.

Ia mengapresiasi penampilan siswa dalam kegiatan sumpah pemuda ini. Bahkan, Syamsir melihat beberapa siswa memiliki potensi cukup besar dalam dunia seni.

"Dari sini, kita bisa lihat mana siswa yang berbakat di bidang seni dan kita harap, seniman Kuansing lahir dari SMAN 1 Kuantan Hilir," pungkas Syamsir.***