JAKARTA – Gadis belia yang mengaku berasal dari Carocok, Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar), ditemukan warga dalam kondisi memprihatinkan di pintu Tol Ancol Timur, Jakarta Utara, pada Rabu (21/2/2024).

Dikutip dari detik.com, gadis berusia 14 tahun itu mengaku dibuang oleh 'mami' (muncikari). Diduga, korban hendak dijual kepada pria hidung belang oleh muncikari yang membuangnya tersebut.

Korban mengaku dibawa oleh 'mami' bersama 59 orang wanita muda lainnya. Namun, korban dibuang oleh orang-orang bertubuh besar di jalan tol tersebut.

"Ikut 'mami' katanya. Ada 59 anak perempuan muda yang ikut bersama dirinya. Ia mengaku tinggal di kawasan Carocok, Sumatera Barat," ujar petugas P3S Sudin Sosial Jakarta Utara Nawawi Fathurahman di Jakarta, dilansir Antara, Rabu (21/2/2024).

Ditemukan Wahati

Korban pertama kali ditemukan oleh pedagang bernama Wahati (50). Selanjutnya diserahkan kepada petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Utara. Kepada petugas, Wahati mengatakan saat itu korban ditemukan di pintu tol Ancol Timur dengan kondisi yang memprihatinkan.

"Menurut keterangan pelapor ibu Wahati, beliau menemukan anak tersebut di pintu Tol Ancol Timur dalam kondisi yang memprihatinkan dan sangat memerlukan perlindungan," kata Kepala Sudin Sosial Jakarta Utara Rizqon Hermawan saat dihubungi, Kamis (22/2).

Diduga Dijadikan PSK

Korban diduga akan dijadikan sebagai wanita pekerja seks komersial (PSK). Sebab, pengakuan korban, ada 59 orang anak seusianya yang dibawa 'mami' itu.

"Bahwa dia (korban) dibuang di jalan tol oleh orang bertubuh besar, setelah waktu lalu dibawa seorang ibu bersama 59 orang anak seusianya dan di jual untuk melayani om-om tak dikenal," ujar Rizqon.

Masih Ketakutan

Saat ini korban berada di Panti Sosial milik Pemprov DKI Jakarta. Korban belum bisa berkomunikasi banyak karena masih mengalami rasa takut berlebihan.

"Penanganan merujuk ke Panti Sosial Cipayung, Jakarta Timur, untuk penanganan lebih lanjut," ungkap Rizqon.

Polisi Buru 'Mami'

Polisi turun tangan menyelidiki kasus gadis 14 tahun asal Carocok, Sumbar yang dibuang 'mami' di Tol Ancol, Jakarta Utara itu. Polisi akan melakukan pemeriksaan terhadap korban.

"Iya, menindaklanjuti informasi itu," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Hady Saputra Siagian saat dihubungi, Kamis (22/2/2024).

Hady mengatakan pihak kepolisian juga sudah berkoordinasi dengan Dinas slSosial terkait penanganan kasus tersebut. Pihak kepolisian segera memeriksa korban.

"Kemarin sudah dicek sama Kanit PPA, sudah koordinasi dengan Dinas Sosial karena kebetulan sudah dibawa ke panti sosial. Korbannya mau diperiksa dulu," ujarnya.

Polisi akan mendalami keterangan korban yang mengaku dibuang 'mami' di Tol Ancol. Sosok 'mami' yang diduga merupakan muncikari itu kini diselidiki polisi.

"Kita dari Dinsos dulu, setelah itu baru dari korban siapa pelakunya, nanti bagaimana kita lakukan pemeriksaan sama Unit PPA," imbuhnya.***