TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Guna mengantisipasi lonjakan harga selama bulan Ramadan dan lebaran nanti, Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Abbas Hasibuan meminta kepada seluruh camat yang ada di 20 kecamatan di Kabupaten Inhil serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk melakukan tindakan antisipasi agar hal tersebut tidak terjadi.

''Diminta kepada para camat dan Disperindag untuk melakukan berbagai tindakan antisipasi agar tidak terjadi lonjakan harga,'' kata Abbas kepada GoRiau.com, Rabu (2/7/2014).

Abbas menambahkan selama bulan Ramadan ini apalagi memasuki Idul Fitri nanti, maka kebutuhan bahan pokok dan barang-barang strategis akan mengalami peningkatan permintaan yang akan mengakibatkan terbatasnya pasokan barang atau kelangkaan di pasar, sehingga akan timbul spekulasi dari para pedagang dengan menaikan harga dagangan.

''Hal ini akan mengakibatkan inflasi yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi daerah akan semakin melemah sehingga akan berimplikasi terhadap daya beli masyarakat,'' ujarnya.

Untuk itulah dikatakannya, agar camat maupun Kepala Disperindag dapat melakukan pemantauan terhadap ketersedian stok barang seperti sembako dan barang strategis lainnya baik pasar yang ada di Kota Tembilahan maupun di kecamatan dan jika memungkinkan hingga kepasar di desa dan kelurahan.

''Terus lakukan pemantauan ketersediaan barang di pasaran, jangan sampai para distributor menaikan harga, jika ada kendala lakukan segera rapat bersama instansi terkait,'' papar Abbas. (ayu)