SELATPANJANG – AXIX Futsal Selatpanjang menjadi satu-satunya tim yang mewakili Kepulauan Meranti dalam kompetisi Liga Futsal Nusantara Riau 2024 di Pekanbaru.

Tim yang dibentuk oleh pecinta olahraga futsal ini tampak serius ingin memajukan futsal daerah. Berdiri sejak 2019, yang awalnya menjadi wadah silahturahmi. Seiring berjalannya waktu dengan minat tinggi pemuda-pemuda yang ada di Selatpanjang, tim futsal ini mengikuti beberapa turnamen lokal yang ada dan meraih hasil yang positif.

Tim yang rata-rata memiliki pemain muda berusia 15-21 tahun itu juga sering mengikuti turnamen antar usia. Disana, hampir semua kompetisi yang diikuti, AXIX Futsal masuk dalam daftar finalis. Adapun prestasi daerah yang berhasil diraih yakni, Juara I Ramadhan Cup 2024, Juara II Open Turnamen Himom Cup II 2024, Juara I Fun Futsal Turnamen 2023, Juara I Familias Cup U-18 2023, Juara I Moedig 2023, Juara III Open Turnamen Kumala Cup 2023.

Dengan semangat tersebut, mereka ingin menjadikan klub futsal ini kearah yang professional dengan mengikuti Liga Futsal Nusantara 2024 yang akan digelar Senin (27/5/24) di GOR Gelanggang Remaja, Pekanbaru.

Dalam hasil undian fase grup, Axix berada di grup A. Mereka bertemu dengan Repelika Dumai, Erospostivo Pekanbaru, Cemana Pekanbaru dan AJS Perawang.

Sebelumnya, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepulauan Meranti melalui Ketua Harian I, Jefri Hidayat didampingi Exco Askab PSSI, Syaiful dan Ketua Afkab Kepulauan Meranti, Varid Santana telah melepas keberangkatan tim AXIX Futsal di Pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang, Sabtu (25/5/24).

Ia memberikan motivasi kepada para pemain dan official, agar dapat mengukir prestasi yang terbaik serta mampu mengharumkan nama daerah pada cabang olahraga Futsal.

"Saya ucapkan selamat bertanding, jaga kesehatan, jaga tim dan jaga nama baik Meranti. Nanti kalau berkesempatan, saya bersama ketua akan melihat langsung kalian bertanding di Pekanbaru. Serta, paling penting jangan berkecil hati, siapapun yang dimainkan kalian semua sudah hebat," harapnya.

Untuk diketahui, Liga Futsal Nusantara itu sendiri merupakan kompetisi futsal kasta kedua di Indonesia yang diselenggarakan oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI). Kompetisi ini dimulai pada musim 2015 dan hingga saat ini. Klub yang mengikuti kompetisi ini wajib mendaftarkan pemain U-23 untuk kategori putra.

Sebagai liga futsal kasta kedua, seluruh klub futsal Indonesia berhak berpartisipasi pada kejuaraan ini. Masing-masing klub akan berpartisipasi pada kompetisi yang berjenjang, mulai dari tingkat provinsi, hingga pada babak nasional. 1 (satu) klub futsal yang menjadi pemenang di masing-masing provinsi kemudian akan menjalani kompetisi di babak nasional hingga 3 (tiga) tim terbaik babak nasional berhak promosi ke kasta tertinggi Liga Futsal Profesional Indonesia.

Untuk tingkat provinsi, Liga Futsal Nusantara Riau akan dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2024 - 2 Juni 2024 di GOR Gelanggang Remaja, Pekanbaru.

Berikut daftar nama pemain AXIX Futsal dan Official Selatpanjang dikompetisi Liga Futsal Nusantara Riau 2024. Ade Novriandi, Aria Firmansyah, Muhammad Dzakwan H, Salman Alfaris, Daffi Muhardi, Zulkan, Deki M Amin, Muhammad Aldiansyah, Darma Putra Hasibuan, Hendi Ismail Harahap, Syahda Supama Horas H, Syahzarhan Joanovan Jr dan Yoga Putra Pratama. Untuk Official, Girang Rahmanul Hakim (Coach) Eko Hendi Saputra, Harry Novriantony, Ari Ramadhan, Eka Fajar Nugraha, Andrei Putra Zirma, Muhammad Taufik. ***