SELATPANJANG – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar berharap anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Harapan itu disampaikan orang nomor satu di jajaran Pemkab Meranti saat menghadiri pelantikan anggota PPS se-Kabupaten Kepulauan Meranti untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 yang digelar di Afifa Sport Center Selatpanjang, Minggu (26/5/2024).

Pelantikan dan Pengambilan sumpah anggota PPS yang dipimpin ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti, Katmuji, S.Hi, M.Si, itu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pengucapan sumpah oleh seluruh anggota PPS yang didampingi saksi rohaniwan.

Adapun anggota PPS yang dilantik dan diambil sumpahnya sebanyak 303 orang yang akan ditempatkan pada 96 desa dan 5 kelurahan di lingkungan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar menyampaikan selamat kepada seluruh anggota PPS yang dilantik. Ia berharap anggota PPS dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.

"Keberadaan PPS ialah ujung tombak yang sangat menentukan. Maka dari itu sangat penting bagi para anggota PPS untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik, agar pilkada berjalan dengan aman, damai, dan demokratis," harap Asmar.

Sebelumnya, Ketua KPU Kepulauan Meranti, Katmuji dalam sambutannya berharap, anggota PPS yang dilantik dapat bekerja dengan baik sesuai kewenangannya dalam rangka membantu KPU Kabupaten maupun Provinsi melaksanakan tahapan-tahapan hingga pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024.

"Terhitung hari ini, bapak ibu sudah resmi bertugas sebagai anggota PPS, salah satu tugas yang paling krusial saat ini adalah membantu KPU dalam tahapan pemutakhiran dan penyusunan data pemilih," tutur Katmuji.

Lebih lanjut kata Katmuji, kedepan pihaknya akan membekali seluruh anggota PPS dengan bimbingan teknis, sehingga mampu bekerja secara profesional. ***