TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tidak memiliki persediaan masker untuk disalurkan kepada masyarakat. Padahal, kabut asap masih pekat menyelimuti kabupaten ini.

Hal itu diakui oleh Kepala Diskes Kuansing Reza Tjahyadi melalui Kabid PMK, Detri Elvira kepada GoRiau.com, Selasa (15/9/2015) siang di Telukkuantan.

"Kami bingung mau bagaimana, sebab persediaan masker kita sudah habis. Begitu juga dengan bantuan provinsi sebanyak 10 ribu helai kemaren, semua sudah kita salurkan ke kecamatan-kecamatan," ujar Detri.

Ia mengaku tidak bisa mendapatkan bantuan masker dari provinsi, sebab persediaan di provinsi juga menipis. Ditambah, seluruh daerah di Kuansing juga membutuhkannya. "Apalagi di Pekanbaru, itu juga sangat parah."

"Jadi, kita hanya kebagian segitu dari provinsi," tambah Detri. Persoalan ini, lanjut dia, sudah disampaikan ke Bupati Kuansing melalui asisten Setdakab Kuansing. "Mungkin dalam beberapa hari kita akan adakan pertemuan untuk membahas ini."

Ketika ditanya berapa banyak masker yang dimiliki Diskes selain dari bantuan provinsi, Detri menjawab bukan bagiannya. Begitu juga ketika ditanya terkait penganggaran masker pada tahun 2015 ini.

"Itu bukan bidang saya, apalagi saya juga terbilang baru di sini (PMK). Jadi, kalau ditanya soal penganggaran dan persediaan di gudang, itu bukan bagian saya," tegas Detri.

Sementara itu, sejak tanggal 28 Agustus lalu hingga sekarang, masyarakat Kuansing yang terkena ISPA mencapai 4.825 kasus.(***)