SIAK, GORIAU.COM - Union Cycliste Internationale (UCI) siap memasukkan Tour de Siak sebagai salah satu kalender resmi lomba balap sepeda internasional. Hal ini setelah melihat pelaksanaan Tour de Siak 2013 yang berjalan sukses.

''Kita minta PB ISSI melakukan evaluasi dan memberikan saran, setelah itu baru memasukkannya sebagai salah satu usulan ke UCI,'' kata Direktur Teknik UCI Jamaludin Mahmood kepada GoRiau.com.

Dikatakannya, untuk masuk kalender resmi UCI, prosedurnya harus melakui pengurus tingkat negara dalam hal ini Pengurus Besar (PB) Ikatakan Sport Sepeda Indonesia (ISSI). Setelah dievaluasi dan diberi saran, maka usulan tersebut baru bisa dimasukkan UCI. Dalam hal ini, UCI akan lebih banyak mempertimbangkan hasil keputusan PB ISSI.

''Tour de Siak 2013 sudah mengikuti peraturan dengan baik, mulai dari start hingga finish sudah bagus, kalaupun ada yang diperbaiki, hanya beberapa saja dan tidak banyak. Tahun depan harus lebih bagus lagi,'' ujarnya.

Menurutnya, soal rute Tour de Siak tidak banyak masalah, sudah bagus meski lebih banyak flat. ''Justru tantangan Tour de Siak berbeda dengan yang lain, di sini udaranya panas, anginnya cukup kuat sehingga speed sangat menentukan. Jadi kita minta PB ISSI segera melakukan evaluasi dan saran, dan segera dimasukkan ke UCI agar Tour de Siak bisa masuk menjadi kalender UCI,'' jelasnya. ***