PEKANBARU – Meski Provinsi Riau sudah meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) atau yang dikenal dengan istilah Jaminan Kesehatan Semesta, namun belum semua masyarakat bisa menikmati manfaatnya.

Pasalnya, dari 12 kabupaten/kota di Riau, baru 10 daerah yang juga sudah mendapatkan predikat UHC. Sedangkan 2 kabupaten lagi, yaitu Rokan Hulu dan Rokan Hilir, belum meraih predikat itu.

"Kita harapkan dalam waktu dekat ini, dua kabupaten ini segera meraih predikat UHC juga," harap Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, drg Sri Sadono Mulyanto, MHan, Selasa (14/5/2024).

Dikatakan, kalau semua daerah sudah meraihnya, maka manfaatnya bisa dirasakan seluruh masyarakat di Provinsi Riau. Sebab, mereka bisa mendapatkan layanan kesehatan dan tidak mengalami kesulitan finansial saat berobat, terangnya lagi.

Yang dimaksud pihaknya adalah, masyarakat bisa mendapatkan jaminan Kesehatan melalui program BPJS Kesehatan. Di mana daerah yang sudah meraih predikat UHC, maka masyarakatnya busa menjadi peserta BPJS Kesehatan. Sedangkan bagi masyarakat tak mampu, untuk iurannya akan menjadi tanggungan pemerintah. Dalam hal ini mereka akan menerima fasilitas kelas III.

Pihaknya berharap, sosialisasi dan publikasi mengenai hal ini terus dilakukan secara massif. Termasuk penyuluhan kepada masyarakat.

Menurut Sardono, saat ini sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan BPJS Kesehatan sudah berjalan dengan baik dan saling support. Hal itu dibuktikan dengan ditempatkannya petugas dari BPJS Kesehatan di berbagai fasilitas Kesehatan milik pemerintah dan swasta.

Sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa dengan mudah didaftarkan kepesertaan BPJS Kesehatannya, ujarnya lagi. ***