PEKANBARU – Masyarakat Riau yang membutuhkan jaminan kesehatan, saat ini bisa bernafas lega. Sebab, saat ini masyarakat sudah bisa mengaktifkan BPjS Kesehatan dalam waktu yang relatif singkat. Tidak hanya itu, bagi masyarakat kurang mampu , maka biayanya akan ditanggung pemerintah.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, drg Sri Sadono Mulyanto, MHan. Dikatakan, masyarakat Riau yang membutuhkan jaminan kesehatan, saat ini tidak perlu lagi harus menunggu antara 14 hingga 30 hari, agar BPJS Kesehatan mereka aktif.

Sebab, sejak 1 Oktober 2023 klau, Provinsi Riau sudah mendapatkan predikat Universal Healt Coverage (UHC) atau yang dikenal dengan istilah Jaminan Kesehatan Semesta, dengan persentase 95,27 persen.

"Bagi masyarakat, salah satu manfaat UHC adalah, pada saat masyarakat membutuhkan layanan kesehatan, kepesertaan BPJS Kesehatannya akan langsung aktif. Maksimal 3 x 24 jam setelah didaftarkan, " terangnya kepada GoRiau.com, Selasa (14/5/2024).

Ditambahkan Sadono, selain itu ada kebijakan dari pemerintah. Bagi masyarakat miskin dan tidak mampu, maka iuran bulanannya menjadi tanggungan pemerintah kabupaten/kota. Selanjutnya, mereka akan terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari pemerintah daerah.

"Dalam hal ini, mereka akan mendapatkan fasilitas kelas III, " terangnya lagi.

Lengkapi Syarat

Meski demikian, Darsono menambahkan, untuk terdaftar sebagai PBI, masyarakat harus melengkapi persyaratan yang ditetapkan masing-masing pemerintah daerah.

Contohnya, masyarakat tersebut belum terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Ini bisa dibuktikan dengan surat rekomendasi dari Dinas Sosial pemerintah setempat, yang menerangkan bahwa masyarakat tersebut adalah masyarakat miskin dan tidak mampu, serta belum terdaftar pada DTKS," terangnya lagi.

Dalam program ini, Pemprov Riau juga berkontribusi dalam budget sharing pembiayaan PBI tersebut.

"Yang kita harapkan, meski ada bantuan dari pemerintah, jangan sampai program ini disalahgunakan oknum-oknum tertentu, " pungkasnya. ***