BAGANSIAPIAPI - Ternyata tidak hanya jalan lintas Sinaboi - Bagansiapiapi yang saat ini dalam kondisi rusak, jalan lintas yang menghubungkan Rokan Hulu (Rohul) dengan Rokan Hilir (Rohil) di Kecamatan Pujud juga bernasib sama.

Dimana ketika musim hujan tiba, jalan yang merupakan urat nadi transportasi masyarakat ini berubah menjadi kolam dan kubangan lumpur. Begitu pula sebaliknya jika musim kemarau atau panas kondisi jalan disini berubah menjadi daerah berdebu sehingga dikeluhkan warga setempat.

Seperti yang terjadi di KM 7, Manggala Jhonson Kecamatan Tanah Putih menuju ke Pujud Kecamatan Pujud, Rohil yang juga sangat memprihatinkan.

Menurut warga, Kamis (14/3/2924), kondisi jalan rusak ini membuat petani dan pekebun setempat sulit untuk membawa hasil ladang atau kebun mereka. "Jalan rusak, sulit dilalui, kondisi ini membuat betapa sulitnya petani, pekebun dan nelayan untuk membawa dagangannya,'' ujar Endong (43), warga perbatasan Rohil-Rohul, Kamis (14/3/2024).

"Kalau hujan, jalan ini berkubang lumpur, kalau panas berdebulah,'' tambahnya.

Menurut warga setempat jika jalan lintas Sinaboi-Bagansiapiapi telah dilakukan perbaikan dengan penimbunan, masyarakat Tanjung Medan, Pujud dan Kecamatan Tanah Putih juga berharap jalan mereka segera diperbaiki.

"Kami warga disini meminta pihak PUPR Provinsi Riau segera memperbaiki jalan yang rusak ini, karena merupakan jalan Provinsi Riau,'' pintanya.

Menurut Sohar (67), warga setempat sempat, jalan lintas tersebut dulunya jalan lintas Rohul (Mahato) dan Rohil (Pujud, Tanjung Medan) yang dibangun di era kepemimpinan Gubernur Riau Brigjend (Purn) Saleh Jasid SH. Dan tepat di perbatasan Mahato Rohul dengan Tanjung Medan Pujud Rohil juga terbentang jembatan besi yang dibawahnya mengalir Sungai Rokan. ***