PADANG - Pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR segera membangun kembali 416 rumah warga yang rusak berat akibat bencana banjir dan longsor di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

"Dari 5.000 lebih rumah hang terdampak, ada 416 unit yang rusak parah. Dibangun kembali dan direlokasi," kata Kepala BPBD Pesisir Selatan, Doni Gusrizal kepada wartawan, di Kantor Bupati Pesisir Selatan, di Painan, Kamis (14/3/2024), seperti dikutip dari Kompas.com.

Doni menuturkan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan segera mencarikan lokasi relokasi ratusan rumah yang akan dibangun Kementerian PUPR tersebut.

"Kemarin Pak Menteri PUPR telah datang. Kita segera mendata dan inventarisir lokasi relokasi," kata Doni.

Menurut Doni, rumah warga yang rusak berat akibat banjir dan longsor akan dibangun kembali dengan syarat mau direlokasi.

"Rumah yang rusak berat tersebut tersebar di Pesisir Selatan," jelas Doni.

Bencana banjir dan longsor di Pesisir Selatan terjadi pada Kamis (7/3/2024) malam hingga Jumat. Curah hujan yang sangat tinggi menyebabkan hampir seluruh wilayah di Pesisir Selatan terdampak banjir dan longsor.

Sambung Doni, selain merenggut puluhan jiwa, banjir dan longsor juga merusak ribuan rumah serta merusak jalan dan jembatan.***