TELUKKUANTAN – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menaja seminar kewirausahaan, Kamis (27/6/2024). Seminar ini menyasar pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kuansing.

"Seminar ini dilakukan dalam rangka memberikan wawasan kepada pelaku UMKM, apalagi saat ini era digital. Upgrade ilmu kewirausahaan ini tentu sangat penting, agar UMKM terus berkembang dan maju," ujar Kepala Disnaker Kuansing Masnur Judin melalui Kabid Pelatihan Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Endrizal saat membuka acara.

Menurut Endrizal, keberadaan UMKM sangat penting dalam membuka dan menampung tenaga kerja. Karena itu, Pemkab Kuansing konsisten dalam membina dan memajukan UMKM, salah satunya melalui kegiatan seminar.

"Selain seminar, kita juga telah melakukan pelatihan keahlian tertentu, seperti service AC, bengkel dan lain-lain," ujar Endrizal didampingi Asrizal.

Dalam kegiatan ini, Disnaker Kuansing menghadirkan narasumber Zubirman dari Baznas Kuansing dan Yatno dari BRI Telukkuantan.

Zubirman memaparkan program Baznas Kuansing dalam membantu pelaku UMKM. Dimana, Baznas memberikan modal usaha kepada UMKM yang memenuhi kriteria. Sementara itu, BRI menyampaikan materi berkaitan dengan tata cara mengajukan kredit usaha rakyat (KUR).

"Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan lancar dan peserta semangat mengikutinya. Dari sini, para peserta mendapatkan peluang-peluang baru untuk mengembangkan usahanya," ujar Endrizal.

Endrizal menegaskan, Disnaker Kuansing siap untuk membantu pelaku UMKM agar semakin maju dan berkembang.

"Banyak peluang-peluang yang bisa kita tangkap dan kami siap untuk membantu. Target kita, UMKM Kuansing maju, sehingga semakin banyak menyerap tenaga kerja," kata Endrizal.***