PEKANBARU, GORIAU.COM - Prof. Munzir Hitami akhirnya terpilih sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) dalam pemilihan rektor yang digelar Kamis (9/1/2014) pagi di Ruang Rapat Rektorat lantai 5. Munzir menang dengan 36 suara.

Dalam suksesi rektor, mencuat tiga nama sebagai calon. Yakni Munzir Hitami, Yasril Yazid dan Akbarisan. Yasril Yazid memperoleh 2 suara dan Akbarisan meraup 3 suara. Adapun suara berasal dari 42 anggota senat. 1 suara dikategorikan hangus.

Menurut Ketua Panitia Nazir Cholis, pemilihan Rektor tahun ini berjalan dengan lancar sesuai prosedur. Ia mengakui pelaksanaan agak mundur dari jam yang telah disepakati. Dimana, seharusnya sudah dimulai pada pukul 08.00 Wib. Namun, baru bisa terlaksana 15 menit setelahnya.

"Semua berjalan dengan baik, dengan prosedur yang ada," ungkap Nazir Cholis kepada Gagasan.co sebagaimana dikutip GoRiau.com, Kamis (9/1/2014).

Sementara itu, Munzir Hitami mengucapkan terimakasih kepada anggota senat yang telah memberikan kepercayaan kepadanya. Ia pun meminta seluruh elemen kampus bahu-membahu dalam memajukan UIN Suska Riau.

"Saya siap mengemban beban berat untuk memimpin UIN Suska kedepan dengan segala tanggung jawab yang harus dipikul. Sebab, ini amanah dan saya harus siap," ujar Munzir saat ditanya soal kesiapannya.

Munzir menilai, saat ini UIN Suska Riau sudah mencapai beberapa titik keunggulan. Oleh karena itu, ia akan tetap berusaha mempertahankannya. "Kita akan tingkatkan terus keunggulan yang dicapai oleh rektor sebelumnya," katanya.

Sebelumnya, UIN Suska Riau dipimpin oleh Prof. Nazir Karim. Beliau menjabat sebagai rektor selama dua periode.(san)