SIAK SRI INDRAPURA – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kabupaten Siak 2024 yang mempertandingkan 9 cabang olahraga (cabor) diikuti 1.400 atlet. Polda dibuka secara resmi oleh Bupati Siak Alfedri di Stadion Sultan Ismail, Kampung Rempak, Kecamatan Siak Sri Indrapura, Sabtu (11/5/2024).

Pembukaan Popda Kabupaten Siak 2024 ini turut dihadiri Wakil Bupati Siak yang juga merupakan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Siak Husni Merza, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Siak Syafrizal, Wakil Ketua II DPRD Siak, Dandim 0322 Siak, Kapolsek Siak, unsur forkopimda Kabupaten Siak dan juga pejabat dilingkungan Kabupaten Siak.

Dalam laporan Panitia Pelaksana Popda Kabupaten Siak, Kadispora Kabupaten Siak Syafrizal menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 11 hingga 16 Mei dengan mempertandingkan 9 cabang olahraga.

Kesembilan Cabor ini yaitu antara lain, sepakbola, bola voli, sepak takraw, badminton, pencak silat, renang, atletik, tenis lapangan dan bola basket.

Sebanyak 1400 atlet yang merupakan perwakilan dari seluruh Kecamatan se-Kabupaten Siak ini mengikuti sembilan cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan.

"Alhamdulillah Kabupaten Siak kembali melaksanakan pekan olahraga pelajar daerah, terakhir dilaksanakan pada tahun 2017, kemudian tahun 2020 tidak dilaksanakan karena covid-19," ucap Bupati Siak, Alfedri dalam sambutannya.

Alfedri juga mengatakan Popda Kabupaten Siak ini bertujuan sembari menyeleksi atlet-atlet terbaik Kabupaten Siak untuk siap bertanding di Popda Provinsi yang akan dilaksanakan Juni 2024 mendatang di Pekanbaru.

"Yakin dengan percaya diri dan persiapan yang matang anak-anak bapak bisa bertanding di Popnas ataupun PON mendatang" ujarnya.

Tercatat bahwa perjuangan atlet atlet muda Kabupaten Siak beberapa kali mendapatkan peringkat 3 teratas di Provinsi Riau, bahkan atlet Kabupaten Siak cabang olahraga Kempo pernah bertanding di Popnas.

Hal tersebut tentu membuktikan bahwa potensi atlet muda Kabupaten Siak khusus yang para pelajar yang tergabung dalam tim Kecamatan maupun Kabupaten memiliki peluang besar untuk bersinar di kancah Nasional maupun Internasional.

"Pada Popda Kabupaten Siak ini, kami harap pelajar pelajar Siak dapat memperlihatkan hasil pembinaan atlet kabupaten oleh pelatih pelatih terbaik kami," kata Alfedri.

Pemerintah Kabupaten Siak berharap Popda Kabupaten Siak tahun ini bisa melahirkan atlet terbaik yang berdaya saing tinggi dengan jiwa sportifitas tiada batas dan juga melahirkan pemuda generasi emas 2045. (adv)