KEINGINAN Farrah Solano memeluk agama Islam ditentang keras kedua orang tuanya. Namun, larangan itu tidak menyurutkan tekad mahasiswi Fakultas Hukum itu, dia tetap memutuskan mengucapkan dua kalimat syahadat (menjadi mualaf). Begini kisahnya.

Dikutip dari viva.co.id, Farrah Solano dibesarkan di tengah keluarga penganut Katolilk yang taat. Sejak usia 19 tahun, Farrah sudah berkeinginan memeluk Islam, namun karena ditentang kedua orang tuanya, niat itu baru terwujud setelah gadis berparas cantik itu berusia 20 tahun.

''Ini memang bukan jalan mudah bagiku, sebab keluargaku aka terus memperhatikanku. Kini keluarga tak bisa memaksaku lagi sebab di usiaku yang beranjak 20 tahun ini. Jika aku melakukan hal yang bertolak belakang, sama artinya aku sudah mengkhianati diri sendiri, mengkhianati keyakinan. Cita-citaku serta keinginanku untuk tunjukkan agama (Islam) ini baik adanya,'' ujar Farrah dalam kanal Youtube Barat Bersyahadat.

Farrah yang sudah nyaman memakai hijab mengaku tumbuh besar sebagai Katolik yang taat. Dituturkannya, dalam agama itu ada satu prinsip yang ditanamkam sejak kanak-kanak, namun mulai dipertanyakannya sejak dirinya mulai beranjak remaja.

''Biasanya saat kanak-kanak kita mengikuti ajaran, 'Jika tidak melalui aku maka engkau masuk neraka. Dan jika menolak akan ada keburukan'. Ini mungkin hal-hal yang ketika kita kanak-kanak menjadi sesuatu yang ditakutkan jika tidak ditiru. Tapi seiring beranjak dewasa kita mulai mempertanyakan dan sadar,'' beber Farrah Solano.

Dari perbedaan prinsip itu, Farrah mengaku mulai mencari agama lain. Ketertarikannya pada agama Islam lantaran kakek dari sisi ayahnya keturunam Palestina.

''Seolah aku merasakan terpanggil asal muasalku hingga membawaku ke pencarian silsilah keluarga. Kemudian lewat Facebook aku mulai komunikasi dan cari orang Palestina, orang Saudi Arabia untuk bertanya, apa itu Islam dan agama seperti apakah itu,'' imbuhnya. 

Tradisi Timur Tengah memang kerap dijalani di keluarga Farrah Solano. Namun, dia menganggap tradisi berbeda dengan agama Islam sesungguhnya sehingga ia pun mencari tahunya dengan bertanya kepada teman-teman Muslimnya.

''Teman-temanku ini menyarankan mencari masjid di Kosta Rika, lalu aku coba cari-cari. Tapi aku berpikir, ini negara Kristen kan? Sepertinya akan sulit mencari masjid. Tapi teman Muslimku terus menyemangati dan menganjurkan mencarinya lewat Google. Akhirnya aku temukan Masjid Omar,'' jelas Farrah Solano.

Perjalannya pun dimulai di sini. Saat Farrah diantar ayahnya berkunjung ke Masjid Omar itu, terdapat beberapa kelas mualaf membaca syahadat dan Alquran yang membuatnya mampu mendengarkan lantunan ayat suci. Hatinya tersentuh dan merasa dirinya adalah bagian dari agama Islam.

''Dan semenjak aku mendengar lantunan ayat Alquran dan mulai membacanya, hatiku tersentuh. Sederhananya, aku cocok dengan agama ini dan merasa betah menjadi pemeluknya. Saat itu aku bersyukur sekali kepada Tuhan dan aku tak pernah melewatkan kelas-kelas di masjid itu. Sebab bagi Muslim keturunan atau mualaf belajar agama adalah kewajiban,'' bebernya.

Dengan hari-harinya belajar agama Islam, membulatkan tekadnya menjadi seorang Muslim. Kendati begitu, kedua orangtuanya menentang dengan keras keinginan Farrah Solano, bahkan tak segan menjauhinya.

''Sekitar 6-7 bulan kemudian aku memutuskan untuk berikrar ucapkan kalimat syahadat. Tapi aku mendapat penolakan dari keluarga karena memeluk agama lain dan ibuku menasihatiku, 'Kamu ini pengikut Kristus! Muslim tak percaya Kristus!'," ujar Farrah Solano.

''Lalu aku bilang ke beliau, 'ibu aku tak percaya Kristus itu Tuhan. Walau aku dilahirkan di keluarga Kristen'. Dan aku bilang ke ayah juga kalau aku mau jadi mualaf. Beliau jawab tidak. Tapi aku bersikeras,'' terangnya lagi.

Meski mendapat penentangan, Farrah Solano tetap mengucapkan dua kalimat syahadat sebagai tekadnya mempelajari agama Islam juga sebagai bagian dari Muslim. Diakuinya, Islam membuat ia memiliki hati yang teduh, tenang, dan damai.

''Agama Islam membuat hati menjadi tenang damai. Kenapa hati harus tenang dan damai? Sebab terkadang kita tersesat dalam hidup dan mengalami masalah tanpa tahu penyebabnya. Tapi jika kita punya Tuhan di hati kita sejatinya kita sudah punya segalanya. Kita tak perlu menderita berlarut-larut meski didera ketidakadilan sekalipun,'' jelasnya.

Prinsip itu yang membuat ia meneguhkan hati agar selalu taat dan patuh kepada Allah SWT serta berserah diri. Terlebih, perasaan damai itu memacunya menjadi lebih tenang meski dijauhi oleh keluarganya.

''Meski kini keluarga menjauhiku, aku bisa saja memilih terus menangis atau marah pada ayahku tapi Tuhan menganugerahi hati kita dengan cinta, kesabaran, pengertian, dan ketenangan hati,'' sambungnya.

Dengan berpegang teguh kepada ajaran Islam dan berpasrah kepada Tuhan, Farrah Solano mengaku tak khawatir akan apapun lagi lantaran percaya takdir-Nya. Di satu sisi, Farrah Solano pun berharap agar keluarganya bisa mendapatkan hidayah hingga mengenal keindahan Islam seperti dalam pandangannya.

''Kita tahu bahwa Tuhan tidak membutuhkan manusia tapi manusia lah yang sangat menbutuhkan Tuhan. Sebagai anak kita harus terus berdoa pada Tuhan Yang Maha Ess dan Maha Kuasa. Jadi di satu sisi semua ini sangat indah dan di sisi lain ini juga sangat sulit. Dan islam tidak lain adalah cara hidup yang harus kita ikuti dan aku sangat bersyukur menjadi Muslim," pungkas Farrah Solano.***