PEKANBARU, GORIAU.COM - Gubernur Riau, H Annas Maamun menargetkan dalam pemerintahannya bisa merealisasikan janji anggaran sebesar Rp500 juta dan tiga Rumah Layak Huni (RLH) per desa yang berada di Provinsi Riau.

Dirinya menginginkan wacana ini bisa terealisasi secepatnya dan akan dijalankan setiap tahun menggunakan Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) Provinsi Riau.

"Itu untuk program ke depan, setiap desa akan diberikan Rp500 juta dan tiga rumah layak huni. Ini akan berjalan setiap tahunnya," kata Annas beberapa waktu lalu.

Untuk anggaran Rp500 juta itu sendiri, kata Annas, harus dipergunakan untuk pembangunan dan pengembangan desa. Baik bersifat infrastruktur maupun fasilitas-fasilitas yang berguna bagi masyarakat.

Sementara untuk RLH, Annas menegaskan anggaran untuk satu rumah kisaran Rp80 juta. "Itu baru layak huni, dan akan kita berikan untuk setiap desa," ujarnya mengulangi.

Saat ini terdata sebanyak 1.764 desa berada di Provinsi Riau. Jika dikalkulasikan, total Rp882 miliar untuk desa dan Rp19.2 miliar untuk RLH. Jika dikalkulasikan, total Rp901.2 miliar diusulkan setiap tahunnya untuk merealisasikan dua wacana tersebut.***