DUMAI - Heli Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan nomor MI 8 UR-CMI, sejak Selasa (12/4/2016) melakukan pemadaman dilokasi lahan yang terbakar di Kelurahan Mundam, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Riau. Dimana untuk saat ini heli tersebut melakukan pendinginan, heli dijadwalkan terbang menuju lokasi lahan terbakar dari Lanud Roesmin Nurjadin-Pekanbaru.

"Alhamdulillah, kemarin api sudah padam. Jadi hari ini heli BNPB melakukan pendinginan di Mundam, Kota Dumai. Heli berangkat sekitar pukul 08.00 WIB dari Lanud Roesmin Nurjadin dan diperkirakan tiba sekitar pukul 08.45 WIB," ujar Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Riau, Edward Sanger saat dihubungi GoRiau.com, Rabu (13/4/2016) pagi.

Ia juga mengatakan, Kapolres Dumai AKBP Suwoyo dan Dandim 0320/ Dumai Letkol (Kav) Rendra Andraian, serta BPBD-Damkar Kota Dumai, selalu berkoordinasi dengan Satgas Karlahut. Hal ini perlu dilakukan, guna memantau dan mengantisipasi, agar kebakaran lahan tidak meluas.

Sementara itu, bagi kabupaten dan kota di Riau yang rawan karlahut, silahkan menetapkan statusnya untuk mengantisipasi karlahut, jelas Edward.

"Status siaga darurat karlahut setiap kabupaten dan kota bisa diperpanjang, jika hal itu memang benar-benar dibutuhkan. Untuk itu saya kembali mengingatkan kepada seluruh satgas karlahut di kabupaten dan kota, untuk terus melakukan monitoring di lapangan dan koordinasi dengan BPBD Riau," tutup Edward mengakhiri penjelasannya.***