SELATPANJANG – Sebanyak 73 Atlet asal Kabupaten Kepulauan Meranti akan ikut berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVII Provinsi Riau Tahun 2024.

Pelepasan kontingen Popda dari Kabupaten Kepulauan Meranti dilakukan oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar, bertempat di depan rumah dinasnya, Jalan Merdeka Selatpanjang, Kamis (27/6/2024) siang.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Asmar menyampaikan ucapan selamat dan tahniah kepada siswa-siswi terbaik yang telah terpilih dan masuk sebagai kontingen Kabupaten Kepulauan Meranti untuk berlaga pada perhelatan akbar Pekan Olahraga Pelajar Daerah Provinsi Riau tahun 2024.

"Oleh karenanya, kepada para atlet yang telah diberikan tanggung jawab sebagai bagian dari kontingen utusan Kabupaten Kepulauan Meranti untuk berprestasi di ajang Popda nantinya. Kami berharap, jalankan kepercayaan serta tanggung jawab yang telah adik-adik dibebankan pada pundak adik semua dengan penuh kedisiplinan, kegigihan, ketangguhan dan perjuangan hingga titik keringat terakhir demi mengharumkan nama pribadi, sekolah dan Kabupaten Kepulauan Meranti," ujarnya.

Asmar meminta kepada atlet agar mengeluarkan segenap daya dan upaya untuk terus berprestasi dan jangan pernah menyerah, tetap fokus dan terus berjuang, siapkan mental, semangat dan fisik yang baik untuk mendapatkan hasil maksimal dan yang tak kalah pentingnya, senantiasa dekatkan diri kepada Allah agar senantiasa diberikan kekuatan, kesehatan serta dilindungi dari segala macam bahaya, kendala serta hambatan.

"Ucapan terimakasih dan apresiasi juga kami sampaikan kepada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata yang bersinergi dengan ketua beserta jajaran pengurus KONI maupun seluruh cabang olahraga yang selama ini telah bekerja keras melatih, mendidik serta mempersiapkan atlet pelajar kita untuk berlaga dalam event Popda Provinsi Riau Tahun 2024 ini. Semoga semua jerih payahnya selama ini akan membuahkan hasil yang maksimal," ungkapnya.

Asmar juga berpesan agar selalu menjaga kekompakan serta senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dalam dalam pertandingan serta tetap menjaga nama baik daerah Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Berjuanglah semaksimal mungkin, kami pemerintah daerah beserta masyarakat senantiasa mendo'akan semoga adik-adik bisa berprestasi dan membawa medali yang membanggakan," harap orang nomor satu di jajaran Pemkab Meranti itu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kepulauan Meranti, Ery Suhari, S.Sos mengharapkan kepada para atlet agar menjaga nama baik Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Dengan hampir dua bulan mengikuti pelatihan, artinya secara fisik dan teknis sudah diajarkan oleh pelatihnya, jadi berusahalah meraih prestasi terbaik untuk Kabupaten Kepulauan Meranti ini," ujarnya.

Ery Suhairi juga mengingatkan kepada atlet untuk menjaga barang bawaan mengingat sibuknya kegiatan saat pertandingan berlangsung nantinya.

"Saya ingatkan betul tolong barang-barang beharga baik hp (handphone) maupun barang beharga lainnya. Saat latihan harus dititipkan agar tidak ada yang kehilangan nantinya," ingatnya.

Dijelaskannya, adapun 73 atlet asal kabupaten termuda di Riau itu akan ikut berlaga di 7 cabang olahraga (cabor) dari 9 cabor yang dilombakan.

"Ada sembilan cabor, tapi kita ikut tujuh cabor. Hanya dua cabor yang kita tidak ikut. Adapun cabor yang kita ikut yakni Cabor Silat, Takraw, Badminton, Volly, Basket, Tenis, dan Atletik. Sementara dua cabor yang tidak ikut yakni Cabor Bola Kaki dan Renang saja," jelasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Meranti, H. Suardi, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kepulauan Meranti, Tunjiarto, Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Meranti, Agusyanto Bakar, perwakilan KONI Kepulauan Meranti serta sejumlah pihak terkait lainnya. ***