PEKANBARU – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pekanbaru, drg Wan Fajriatul Mamnunah mengatakan, sebagai rumah sakit rujukan di Riau, pihaknya dituntut untuk selalu berbenah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita menyadari sebagai rumah sakit rujukan, kita di RSUD Arifin Achmad diminta masyarakat untuk memberikan layanan terbaik, " ujarnya, Rabu (12/6/ 2024) kemarin.

Dikatakan Fajriatul Mamnunah, dirinya kerap mengingatkan jajarannya untuk selalu mengingat hal itu saat melayani pasien.

Tak cukup sampai di situ, dirinya juga rutin mengecek pelayanan yang diberikan petugas medis kepada pasien.

"Kita harus turun lapangan memastikan seluruh petugas bekerja dengan baik sesuai standar yang berlaku," terangnya.

Di sisi lain, kegiatan ini bisa dibarengi dengan menyapa dan berdialog langsung dengan pasien yang sedang berobat.

"Kita bisa tanyakan langsung kepada pasien, bagaimana pelayanan RSUD Arifin Achmad Riau. Apa yang menjadi keluhannya mereka. Dari sana, saya bisa mendapat kesimpulan tentang apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan khususnya dalam hal pelayanan," terangnya lagi.

Tak jarang, dirinya langsung memberikan edukasi kepada pasien, tentang bagaimana seseorang bisa dipastikan harus menjalani rawat inap atau bisa sekedar rawat jalan.

Untuk rawat inap, ada prosedurnya. Harus melalui berbagai tahapan mulai dari pemeriksaan laboratorium, foto rontgen dan pemeriksaan klinis oleh dokter untuk diagnosis. Setelah proses itu, barulah dokter bisa memutuskan apakah seorang pasien perlu menjalani rawat inap atau tidak.

Pihaknya merasa bersyukur, karena sejauh ini tidak banyak yang mengeluhkan terkait pelayanan oleh petugas RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. "Untuk rawat inap, kita juga terus memberikan yang terbaik," pungkasnya. ***