JAKARTA - Ketua Bidang Politik DPP PDIP Puan meminta maaf sambil menangis terkait adanya kader PDIP melanggar etika politik, idiologi partai dan konstitusi pada Pemilu 2024.

Dikutip dari Kompas.com, Puan menyampaikan itu saat membacakan sikap politik PDIP dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP, Ahad (26/5/2024). Rakernas V PDIP digelar di Ancol pada 24-26 Mei 2024.

Dikutip dari Kompas.com, Puan tak menyebut nama kader tersebut. Ia hanya bilang bahwa perilaku kader itu bertentangan dengan ideologi partai dan melanggar konstitusi.

"Sehubungan dengan adanya perilaku kader Partai yang tidak menjunjung tinggi etika politik, tidak berdisiplin, dan melakukan hal-hal yang bertentangan dengan ideologi partai, serta melakukan pelanggaran konstitusi dan demokrasi ...," ujar Puan.

"Rakernas V Partai menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh rakyat Indonesia," lanjutnya sambil meneteskan air mata.

Namun Puan tak mengungkapkan nama kader PDIP yang disebutnya melanggar etika politik, idiologi partai dan konstitusi pada Pemilu 2024 tersebut.

Puan menyampaikan, Rakernas V Partai merekomendasikan untuk menyempurnakan sistem rekrutmen, pelatihan, kaderisasi, dan penugasan partai sehubungan dengan tragedi itu.

"Agar apa yang terjadi dengan penyimpangan perilaku kader pada Pemilu 2024 tidak terulang kembali," kata Ketua DPR RI itu.

"Rakernas V Partai mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo dan Prof Mahfud MD," ucap Puan disambut tepuk tangan ribuan kader PDIP.

Ganjar Pranowo yang duduk di kursi depan tampak terdiam. Puan lalu menyampaikan terima kasihnya pula karena PDIP berhasil menjadi pemenang Pileg 2024.

"Dan PDI Perjuangan dipercaya rakyat memenangkan Pemilu Legislatif tiga kali berturut-turut," kata Puan dengan suara bergetar.

Ganjar menyambutnya dengan tepuk tangan. Begitu pula dilakukan ribuan kader partai besutan Megawati Soekarnoputri itu.

Ia kemudian sempat terdiam sesaat dan menitikkan air mata. Riuh tepuk tangan hadirin semakin keras.

"Semangat Mbak Puan!" seru salah satu peserta Rakernas V PDIP.

Puan lalu menyebutkan bahwa kepercayaan rakyat harus diwujudkan untuk memperbaiki tiga pilar partai (struktural, legislatif, dan eksekutif).***