SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Persoalan kesehatan merupakan hal sensitif di masyarakat. Untuk itu, dibutuhkan kesiapan serta pola pikir positif dari seorang dokter dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan demikian, sebagian masyarakat yang menilai negatif terhadap pekerjaan dokter selama ini, pelan-pelan akan berubah kearah positif.

Demikian pesan yang disampaikan Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi kepada pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Siak usai dilantik Ketua IDI Wilayah Riau dr H Nuzely Huznedi di aula Kantor Bupati, Kamis (30/10/14).

"Kalau menyangkut masalah kesehatan, masyarakat kita sangat sensitif. Kalau ada pelayanan yang membuat mereka kecewa, informasi itu cepat menyebar, baik ke saya, wartawan atau LSM. Makanya dituntut kesiapan dan mandset seorang dokter dalam menyelesaikan persoalan ini. Ini juga sebagai PR bagi pengurus IDI Siak agar mandset masyarakat yang negatif itu bisa dirubah," kata Bupati.

Selain itu, keberadaan IDI Siak juga ikut berperan dalam mendukung sejumlah program kesehatan yang dilaksanakan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Untuk itu, sudah seharusnya seorang dokter terus meningkatkan sikap profesionalnya agar mampu memberikan pelayanan kesehatan yang prima di masyarakat.

"Jadi, kedekatan dengan pasien dan masyarakat itu harus dibangun. Saya sarankan, IDI Siak juga membuat program kerja yang berhubungan dengan masyarakat, sehingga asumsi negatif tentang dokter selama ini bisa diperbaiki," ujarnya.

Syamsuar juga menceritakan bagaimana dokter di Singapura dan Malaysia sangat peduli dengan perkembangan kesehatan pasien yang pernah berobat dengannya. Dokter itu berupaya untuk selalu dekat dengan semua pasien, sehingga apa yang menjadi keluhan pasien dapat diketahui dokter untuk dicari solusinya.

"Cara ini yang patut kita contoh untuk diterapkan di daerah kita ini. Buktikan kepada masyarakat bahwa dokter juga orang ramah dan peduli dengan masyarakat sekitarnya. Mudah-mudahan dengan niat tulus itu, apa yang dikerjakan menjadi amal bagi dokter itu sendiri," tutup Bupati.(nal)