TELUKKUANTAN – Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau Suhardiman Amby melantik ulang pejabat eselon III dan IV serta fungsional. Pelantikan dilakukan setelah adanya izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI.

Pelantikan yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kecamatan Kuantan Hilir, Senin (27/5/2024) siang, ada 175 orang yang dilantik. Rinciannya, eselon III 43 orang, eselon IV 48 orang, KTU Puskesmas 17 orang, Korwil Singingi, Pengawas dan Kepsek 38 orang dan fungsional 28 orang.

"Pelantikan ini dilakukan setelah konsultasi dengan Mendagri, lalu keluar izinnya. Secara prinsip, pelantikan tanggal 22 Maret itu tidak ada masalah, sudah disahkan dan tidak ada pembatalan. Hari ini adalah penyempurnaan," kata Suhardiman usai pelantikan.

Dikatakan Suhardiman, ia memerintahkan pelantikan dilaksanakan pada 19 Maret 2024. Karena pelaksana belum siap, maka pelantikan dilaksanakan pada 22 Maret.

"Ternyata ada tafsir berbeda tanggal 22 Maret ini. Lalu datanglah surat dari Mendagri pada tanggal 29 Maret. Setelah itu, kita lakukan komunikasi secara intensif dan terjadilah pelantikan hari ini," papar Suhardiman.

Menurutnya, Mendagri juga mengizinkan untuk dilakukannya pergeseran terhadap 32 nama pejabat. Pergeseran ini atas dasar verifikasi yang dilakukan oleh Mendagri. "Penempatan saat ini sesuai dengan arahan Mendagri."

"Ini sudah sesuai dengan aturan undang-undang, karena itu jangan ada keraguan lagi dalam menjalankan tugas," tegas Suhardiman.***