PEKANBARU – Upaya membangun kemandirian masyarakat melalui penguatan ekonomi, terutama di sektor kewirausahaan menjadi salah satu pilar program kerja Kharisman Risanda di Pekanbaru.

Program ini diwujudkan melalui visi dan misi dengan memperkuat beragam inisiatif dan inovasi, salah satunya pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Bakal calon Walikota Pekanbaru Kharisman Risanda sudah turun di 26 kelurahan dari 83 Kelurahan di Pekanbaru, kegiatan tersebut guna bersilaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat Pekanbaru untuk seterusnya dijadikan acuan atau program ketika diamanahkan memimpin Kota Pekanbaru.

"Alhamdulillah tekad kuat kita membangun Pekanbaru ini kita buktikan dengan banyak turun bersosialisasi, mendengar dan merasakan apa yang dirasakan warga Pekanbaru. Itu yang akan menjadi dasar program-program Kita kedepannya," pungkas Bang KR sapaan akrab Kharisman Risanda.

Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus digencarkan untuk menekan angka kemiskinan, khususnya untuk di ibukota Provinsi Riau, Kota Pekanbaru. Seperti diketahui tingkat kemiskinan di Kota Pekanbaru diangka 3 persen lebih.

"Pelaku UMKM di Pekanbaru masih sedikit jumlahnya, Untuk itu perlu komitmen dan konsistensi yang kuat agar pengembangan sektor kewirausahaan ini terus berlanjut dan bertumbuh. Jika separoh hati akan menjadi jargon belaka," tegas Kharisman.

Diketahui pusat kuliner terbaru di Taman Labuai City Walk dan Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pekanbaru diharapkan dapat membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

Posisi Pekanbaru yang terletak di jantung Provinsi Riau inilah yang menjadikan kota strategis dimasa depan. Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar, Pelalawan atau juga disebut Pekanbaru Raya) adalah sebuah kawasan metropolitan yang bertujuan untuk mengembangkan kawasan-kawasan yang berada di sekitar kota Pekanbaru.

"Ini jualah yang membuat Kita berpikir jauh kedepan bagaimana persiapan Kota Pekanbaru menjadi Kota Industri, Perdagangan, Jasa dan Wisata. UMKM, Industri rumah tangga (Home Industry) harus hidup ditengah masyarakat. Tugas kita sebagai pemimpin adalah memastikan kepastian hukum serta administrasinya dan membantu mereka dalam berbagai hal. Saya punya program 3 P, Pembinaan, Permodalan dan Pemasaran," tutup Kharisman. ***