PEKANBARU – Padatnya pengunjung di Panam Square, Jalan HR Subrantas, Pekanbaru dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk meraup keuntungan berupa membuka parkir liar di seputaran lokasi tersebut. Parkir liar itu diduga “dibeking” oknum anggota TNI dari salah satu kesatuan.

Penelusuran GoRiau.com, Minggu (7/4/2024), parkir liar berada di sejumlah ruko yang ada di sekitar Panam Square. Mereka memanfaatkan pekarangan ruko yang sudah tutup atau memanfaatkan bahu jalan.

Parkir yang berada di luar area Panam Square itu menetapkan tarif Rp3.000 untuk kendaraan roda dua.

‘’Tarif parkir di situ Rp3.000 per motor. Saat ditanya kenapa lebih tinggi dari tarif yang ditetapkan, juru parkir bilang, itu dikelola aparat TNI,’’ ujar salah seorang sumber GoRiau.com.

Dijelaskan, saat ada warga memprotes, juru parkir malah menyebutkan nama oknum yang dimaksud dan tanpa beban memarahi warga.

‘’Pemko seharusnya tegas terkait ini. Seharusnya Dishub bisa mengatasi, bukan membiarkan, jika satu lokasi seperti, bagaimana pula di lokasi lain,’’ ujarnya.

Dikatakannya, aksi - aksi “premanisme” seperti itu bisa merusak nama baik Pemko Pekanbaru dan sangat merugikan rakyat. Tak seharusnya aparat yang dibiayai oleh negara malah menjadi “pemeras” rakyat. ***