MANILA - Nguyen Thuytrang (34), wanita penumpang pesawat nekat melepas semua pakaiannya alias bugil di Bandara Internasional Ninoy Aquino, Manila, Filipina, Sabtu (8/6/2024).

Dikutip dari Liputan6.com yang melansir news.com.au, Kamis (13/6/2024), turis asal Vietnam itu baru saja  menyelesaikan liburannya di Filipina ketika petugas imigrasi diduga meminta pembayaran perpanjangan visa. Wanitu itu kesal dan menolak membayar.

Lalu, ia pergi ke toilet wanita di bandara. Beberapa menit kemudian, wanita berambut panjang itu muncul tanpa pakaian sehelai benang pun. Dia berjalan dengan santai melewati gerbang keamanan, lalu menyelonong melewati pemindai tubuh.

Sebuah video menunjukkan turis tersebut berjalan melewati petugas keamanan menuju konter imigrasi keberangkatan, diikuti oleh staf bandara yang kebingungan, tidak tahu bagaimana cara menghentikannya.

Michael Ronald de Guzman dari pihak polisi bandara Terminal 3 Bandara Internasional Ninoy Aquino mengatakan kepada wartawan, "Kami bertanya-tanya dan kami mengetahui bahwa wanita tersebut pergi ke imigrasi dan diduga ditolak."

"Dia dijadwalkan terbang ke Saigon (Kota Ho Chi Minh) tetapi visanya bermasalah. Lalu, dia langsung pergi ke toilet umum saat keberangkatan, dan dia keluar dari sana tanpa mengenakan pakaian apa pun. Kami tidak tahu mengapa dia melakukan itu," sebut de Guzman.

Keamanan bandara berhasil menghentikan wanita tersebut dan memberikan pakaian, makanan, dan minuman untuk menenangkannya. Perempuan tersebut dilaporkan tidak melukai penumpang lain atau menyebabkan keterlambatan antrean.

Ada Masalah Bahasa

Jenderal Manuel Sequitin, Asisten Manajer Umum Keamanan dan Layanan Darurat, mengatakan bahwa turis tersebut kesal karena dia tidak bisa berkomunikasi dengan petugas bandara yang berbahasa Tagalog dan ia juga tak pandai berbahasa Inggris dengan baik.

"Dia tampak sedikit kesal karena dia tidak bisa berkomunikasi dalam bahasa Tagalog dan dia tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik. Dia hanya tahu bahasa Vietnam, jadi kami berkomunikasi dengannya melalui aplikasi Google Terjemahan," sebut Sequitin.

Setelah Nguyen diberikan pakaian, makanan, dan minuman, ia dilaporkan dalam keadaan yang baik-baik saja. Wanita berambut panjang tersebut lalu menjalani pemeriksaan kesehatan di klinik sebelum akhirnya diizinkan naik pesawat ke Hanoi, Vietnam, pada keesokan paginya, 9 Juni 2024, setelah ia melunasi biaya visanya yang overstay.

Aplikasi bagasi asal Amerika Serikat, Bounce, mencantumkan Bandara Internasional Ninoy Aquino yang dikelola oleh pemerintah sebagai bandara terburuk di dunia untuk pelancong kelas bisnis tahun 2022.***