BAGANSIAPIAPI – Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Kabar duka datang dari Tanah Suci Makkah. Seorang jamaah haji asal Rokan Hilir, Uminem Sumo Taruno (70) tutup usia pada Jumat (14/6/2024) sekitar pukul 10.00 Waktu Saudi Arabia. Almarhumah wafat saat sedang berada di Padang Arafah.

Almarhumah adalah pemegang paspor E.0090104. Berangkat dari Embarkasi Batam pada 26 Mei 2024 tergabung dalam Kloter 14 Embarkasi Batam.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Rokan Hilir, H.Khairul, saat dikonfirmasi Sabtu (15/6/2024) membenarkan kabar duka tersebut.

"Seorang jamaah kita dari Rokan Hilir, atas nama Uminem Sumo Tarun telah berpulang ke Rahmatullah saat di Arafah," ujarnya.

Dikatakan, kabar duka itu dilaporkan Kepala Sektor 2 Makkah, H Syahrudin kepada Kepala Pelaksana Tugas Kepala Kanwil Kemenag Riau, H Muliardi yang kemudian mengajarkannya ke Kemenag Rohil.

"Ketika berangkat kondisi jamaah kita ini cukup baik," tambahnya.

Pihaknya meminta pihak keluarga sabar dan tabah menghadapi cobaan ini,. "Insya-Allah husnul khatimah, karena tengah menjalankan rukun haji," ujarnya lagi. .

Dalam kesempatan itu, ia mengimbau segenap masyarakat mendoakan para jamaah asal Rohil diberi kesehatan sehingga bisa melaksanakan segala rukun dan syarat haji secara sempurna. ***