BAGANSIAPIAPI - Miris dan mengenaskan. Begitulah kondisi eks Kantor Kepenghuluan Sungai Bakau, Kecamatan Sinaboi, Rokan Hilir saat ini.

Bangunan yang merupakan aset Pemkab Rohil itu saat tampak sudah tak berbentuk lagi.

Atapnya sudah tidak ada. Begitu pula dengan lantainya. Sementara dinding yang terbuat dari batu, sebagian sudah dijebol dan material bangunan juga sudah disikat orang yang tidak bertanggung jawab. Bila dilihat sekilas, seolah baru saja dihantam gelombang tsunami besar.

Kondisi ini juga disesalkan warga sekitar, karena terkesan ada pembuatan. Padahal, bangunan ini berdiri di Jalan Lintas Sungai Bakau-Sinaboi-Bagansiapiapi, yang setiap saat ramai dilintasi warga.

Dari pantauan di lokasi, Selasa (2/7/2024), di lokasi itu tampak material seperti batu bata bekas bongkaran dan sudah dimasukkan ke dalam karung goni.

Kayu konsen juga terlihat telah disusun rapi. Sedangkan atap seng dan kayu broti tidak terlihat lagi .

Dengan kondisi seperti itu, tentu saja gedung ini tidak bisa lagi dipergunakan sebagai tempat pelayanan masyarakat sekaligus untuk berjalannya roda pemerintahan. Untuk melayani masyarakat, Penghulu menyewa ruko untuk dijadikan kantor.

Menurut sumber, batu dan material lainya diambil OTK. Namun warga setempat tidak dapat berbuat apa-apa karena khawatir keselamatannya dan akhirnya enggan ikut campur.

Semebtara sumber lainnya menyebutkan, sebenarnya tidak susah untuk mengetahui siapa yang mengambil material eks kantor tersebut. Karena aksi itu dilaksanakan saat dia ngomong hari. Selain itu, yang melakukannya seolah tidak punya diss.

Menurut warga,kantor tersebut sudah beberapa tahun ini tidak dipergunakan lagi sebagai kantor desa. Selain itu juga tersyiar kabar kalau lahannya bersengketa.

Ketika dikonfirmasi, Camat Sinaboi Syamsul Kamal mengaku baru mengetahui hal itu.

"Kantor Penghulu itu kantor lama, saya akan cek kondisinya, dan saya baru menghubungi Bhabinkamtibmas setempat," ujarnya. ***