PEKANBARU, GORIAU.COM - Adanya sinyal pergantian Direktur Utama Bumi Siak Pusako (BSP), salah satu badan usaha milik daerah (BUMD) Pemkab Siak, ditangkap Gerakan Mahasiswa Peduli Kabupaten Siak (GMPKS) sebagai momentum untuk ''bersih-bersih''. Sudah saatnya Dirut BSP diganti dengan yang peduli.

Meski belum ada kepastian kapan tepatnya pergantian Dirut BSP, namun GMPKS sudah mendengar kalau pergantian akan dilakukan satu bulan kedepan seiring terbentuknya Tim 9 yang akan melakukan seleksi terhadap calon Dirut yang baru.

Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Peduli Kabupaten Siak (GMPKS) Andri Saputra mengungkapkan, rencana pergantian Dirut BSP merupakan salah satu amanah Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) baru-baru ini. Menurutnya, pergantian Dirut sudah saatnya dilakukan karena Dirut yang sekarang sudah menjabat sekitar 10 tahun.

''Kita minta Tim 9 yang dibentuk bekerja profesional. Mereka harus mampu mendapatkan Dirut yang bisa mendengarkan aspirasi masyarakat Kabupaten Siak. Dirut mendatang selain harus profesional juga harus peka dengan persoalan di sekeliling,'' ingatnya.

Meski begitu, syarat umum tetap harus ada seperti ahli dalam perminyakan, pertamabangan dan geologi, serta mampu memonitor kegiatan BOB di Zamrud.

''Dirut baru harus punya komitmen yang tinggi dalam membangun Kabupaten Siak, khususnya di lingkungan kerja BOB, sehingga ekomomi masyarakat di sekitar lokasi dapat terangkat dan tentunya kalau ada kesempatan kerja juga diberi kepada putra putri yang ada di sekitar lingkungan BOB,'' jelasnya.

Sementara Ketua Advokasi GMPKS Agus Suhaili menyampaikan, GMPKS akan mengiring proses seleksi calon dirut dan berharap yang terpilih jangan ada bayang bayang dari Direktur yang sekarang ini. ''Dirut dan jajaran Direksi yang ada sekarang sudah melahirkan luka bagi masyarakat kabupaten Siak. Kami mengajak masyarakat, LSM, Ormas ormas, OKP untuk bersama sama mengawal proses pergantian Dirut dan Direksi ini,'' ajaknya. ''Jika proses seleksi tidak transparan, Kita akan melakukan aksi bersama masyarakat Siak,'' tegasnya. (sks)