PEKANBARU, GORIAU.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman mendampingi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) ke-9 di Langkawi, Kedah, Malaysia, Selasa (28/4/2015).

Pertemuan ini merupakan rangkaian pertemuan KTT Asean ke-26. Selain Plt Gubernur Riau, Delegasi Indonesia yang dipimpin Wapres Jusuf Kalla juga didampingi Gubernur Aceh dan Gubernur Kepulauan Riau.

Salah satu pembahasan pada KTT IMT-GT yakni pengoperasian tranportasi laut RoRo dari Malaka-Dumai, termasuk pembangunan instalasi energi, sistem kelistrikan yang terintegrasi (interkoneksi) dari Melaka ke Pekanbaru. Hal ini sesuai dengan hasil kesepakatan kesepakatan forum pertumbuhan ekonomi regional  IMT-GT di Banda Aceh September tahun lalu.

Pengoperasian transportasi laut roro Dumai-Malaka, merupakan kesepakatan forum regional IMT-GT, dibahas pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT)," ujar Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman seperti disampaikan Darusman Kepala Biro Humas Setda Provinsi Riau Selasa (28/4/2015).

Selain itu dibahas, Pertemuan Tahunan KTT-GT ke-9 ini juga membahas konsep pembangunan kota hijau, penetapan zona ekonomi khusus di wilayah perbatasan antara ketiga negara anggota IMT-GT.(rls)