PEKANBARU – PTPN IV Regional III ambil bagian dalam semarak pameran investasi dan produk unggulan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Kampar, Riau, melalui ajang Kampar Expo 2024. Ajang pameran yang melibatkan perusahaan serta pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang beroperasi di Bumi Sarimadu tersebut berlangsung di Lapangan Merdeka, Kota Bangkinang.

Ajang pameran tahunan terbesar yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Kampar bersamaan perayaan HUT Kampar yang ke-74 itu berlangsung pada 25-28 April 2024.

Corporate Secretary and Legal PTPN IV Regional III Andiansyah Hamdani dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Sabtu (27/4/2024) mengaku bangga perusahaan perkebunan plat merah itu kembali dipercaya untuk ambil bagian dalam ajang pameran yang saban tahun menyedot perhatian khalayak ramai tersebut.

Ia menjelaskan bahwa ajang itu selain menjadi kesempatan menampilkan sejumlah program unggulan sepert peremajaan sawit rakyat, program penyediaan bibit sawit unggul serta transformasi digitalisasi dan dekarbonisasi perusahaan, juga menjadi kesempatan untuk mensosialisasikan perubahan PTPN V menjadi PTPN IV Regional III pasca aksi korporasi yang menjadi bagian program strategis nasional.

"Alhamdulillah. Tahun ini kami kembali diberikan kepercayaan untuk meramaikan salah satu ajang pameran terbesar di Kampar. Melalui pameran ini, kami ingin berinteraksi lebih jauh dengan masyarakat, terutama setelah aksi korporasi menempatkan menjadi bagian dari perusahaan sawit terluas di dunia," kata dia.

Andiansyah atau yang akrab disapa Aan dan merupakan putra asli kelahiran Kabupaten Kampar itu menjelaskan bahwa di stand PTPN IV Regional III turut dipamerkan tandan buah segar (TBS) berukuran jumbo jenis DxP Simalungun dari kebun inti perusahaan.

Kemudian, masyarakat juga dapat menyaksikan satu dari tiga drone geospasial PTPN IV Regional III. Melalui drone tersebut, perusahaan dapat mendapat data luas kebun, jumlah tegakan tanaman, topografi, hingga sarana jalan serta jembatan secata tepat dan akurat.

Selanjutnya, produk peralatan mekanisasi pertanian produksi salah satu mitra binaan PTPN V yang merupakan 100 persen pemasok utama peralatan mekanisasi PTPN V juga turut dipamerkan dalam festival tersebut.

"Dan perlu diketahui, mitra kita ini berasal dari Kabupaten Kampar. Mereka menjadi pemasok utama peralatan perkebunan perusahaan. 100 persen peralatan panen kami dari teman-teman mitra binaan kita," ujarnya.

Aan mengaku bahagia respon masyarakat Kampar sangat positif dengan keberadaan stand PTPN IV Regional III. Saban hari, kata dia, stand perusahaan dijejali ratusan pengunjung yang tertarik akan program-program unggulan.

"Terimakasih kepada Pemkab Kampar, Bapak Hambali selaku Pj Bupati dan masyarakat Kampar atas dukungannya kepada PTPN IV Regional III," lanjutnya.

Pj Bupati Kampar Hambali mengatakan Pameran Kampar Expo 2024 di Lapangan Merdeka Bangkinang Kota itu menampilkan ragam produk dan layanan dari berbagai lini sektor, Dagang Produk Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Ia mengatakan pameran Kampar Expo ini bertujuan untuk mempromosikan produk, jasa, industri kecil dan kerajinan unggulan potensi daerah sekaligus sebagai ajang promosi memperkenalkan produk-produk unggulan dan modern dari Kabupaten Kampar.

“Ayo majukan bersama-sama UMKM dan produk lokal Kabupaten Kampar dan produk Indonesia lainnya agar kita mampu bersaing dengan produk-produk luar negeri,” tutur Hambali. ***