DOHA - Timnas U 23 Indonesia mencetak sejarah dengan memastikan tempat di semifinal  Piala Asia U 23 AFC 2024. Dalam pertandingan perempat final di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) dinihari, Garuda Muda membuat kejutan dengan menyingirkan tim kuat, Korea Selatan (Korsel) dengan skor 11-10  lewat drama adu pinalti, usai di babak normal dan penambahan waktu skor imbang 2-2.

Dengan hasil ini, Indonesia yang ditargetkan melangkah ke semifinal oleh pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong sudah terpenuhi. Kemenangan ini bukan hanya mencetak sejarah baru bagi sepakbola Indonesia tetapi mendekatkan langkah Merselino Ferdinan dan kawan-kawan mewujudkan mimpi baru untuk selangkah lagi lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Bermain tenang sejak kick off, Indonesia sempat dikejutkan lewat gol Korsel pada menit kesembilan. Namun, gol itu dianulir setelah pemain Korsel terperangkap offside usai wasit melihat tayangan VAR.

Gol pertama Indonesia dicetak striker, Rafael Struick pada menit ke 15 lewat tendangan terukur dari luar kotak pinalti ke pojok gawang lawan. Struick mencetak gol kedua di menit 45 +3, usai Korsel sempat menyamakan kedudukan karena Komang Teguh melakukan gol bunuh diri di menit, 45.

Di babak kedua Korsel justru bisa kembali mengimbangi kedudukan ketika mereka bermain dengan 10 pemain usai pemainnya, Lee terkena kartu merah. Gol penyama kedudukan Korsel dicetak S.B Yeong di menit 84. ***