PEKANBARU - terhitung mulai tanggal 8 Mei hingga 12 Mei 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, sudah mulai  menerima bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau melalui jalur perseorangan. Dalam hal ini, yang diterima adalah dukungan untuk calon perseorangan tersebut.

Demikian diungkapkan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Riau, Nahrawi, dalam kegiatan sosialisasi yang digelar secara daring, Ahad (5/5/2024).

Dikatakan, hal ini sesuai dengan tahapan dan jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2024.

Sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan Pilgubri. Tahun 2024, pihaknya membuka pintu bagi calon perseorangan yang ingin menunjukkan komitmen dan keseriusannya dalam mengikuti proses demokratisasi di daerah ini.

8,5 Persen DPT

Lebih lanjut Nahrawi menerangkan, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2016, syarat dukungan calon perseorangan pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau adalah 8,5 persen dari jumlah DPT Pemilu terakhir.

“Berdasarkan Pasal 41 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 disebutkan bahwa provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap lebih dari 2.000.000 (dua juta) jiwa sampai dengan 6.000.000 (enam juta) jiwa harus didukung paling sedikit 8,5 persen. Hal ini sesuai dengan kondisi Provinsi Riau yang jumlah DPT pada Pemilu 2024 berjumlah 4.732.174 pemilih," kata Nahrawi.

Artinya, calon Gubri jalur perseorangan tersebut harus memiliki minimal 402.235 dukungan dari masyarakat Riau yang tersebar minimal di 7 kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Mantan anggota KPU Kabupaten Indragiri Hilir ini, untuk layanan konsultasi, KPU Riau sudah menyediakan helpdesk yang dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

“Partisipasi aktif dari calon perseorangan diharapkan dapat memperkaya ranah demokrasi di Riau dan memberikan opsi yang lebih luas bagi masyarakat dalam menentukan pilihan politiknya, " ujarnya lagi.

Dalam hal ini, KPU Riau mengajak seluruh masyarakat Riau untuk mengawasi dan mendukung jalannya proses ini dengan penuh tanggung jawab. ***