PALEMBANG - Nany Afrida dan Bayu Wardhana diamanahkan menahkodai Aliansi Jurnalis Independen (AJI) periode 2024-2027.

Nany dan Bayu terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) dan Sektetaris Jenderal (Sekjen) AJI periode 2024-2027 dalam Pemilihan Umum (Pemilu) AJI yang dilakukan menggunakan sistim e-votting (electronic votting) pada Kongres XII AJI yang berlangsung di Hotel The Zuri Palembang, Sumatera Selatan, Ahad (5/5/2024).

Dalam pemilihan Ketum dan Sekjen AJI periode 2024-2027 tersebut, Nany-Bayu mengungguli tiga pasangan lainnya, yakni Aloysius Budi Kurniawan-Iman Dwianto Nugroho, Ika Ningtyas Unggraini-Laban Abraham Laisila dan Edy Can-Asep Saefullah.

Pasangan Nany-Bayu berhasil meraup nilai elektoral 90, sedangkan Aloysius Budi Kurniawan-Iman Dwianto Nugroho mendapatkan 42, Ika Ningtyas Unggraini-Laban Abraham Laisila 48 dan Edy Can-Asep Saefullah 37.

Dengan kemenangan ini, maka Nany-Bayu akan melanjutkan kepemimpinan di AJI, menggantikan Sasmito Madrim dan Ika Ningtyas Unggraini yang sudah berakhir masa baktinya sebagai Ketum dan Sekjen AJI.

Nany-Bayu ditetapkan sebagai Ketum dan Sekjen AJI periode 2024-2027 dalam sidang pleno Kongres XII AJI pada Ahad (5/5/2024) malam. Sidang pleno tersebut dipimpin Abdul Manan (ketua), Ana Jukana (wakil ketua) dan Sunarti Sain (sekretaris). ***bas