PEKANBARU – Mantan Bupati Inhu dua periode , H Yopi Ariyanto SE mendaftar sebagai Bakal Calon (Bacalon) Gubernur Riau, di kantor DPW Partai NasDem, Ahad (5/5/2024).

Yopi yang juga Sekretaris DPW Partai NasDem Riau ini diantar oleh puluhan mahasiswa dan LSM. Kedatangannya disambut langsung oleh Ketua Badan Pemilu (Bappilu) DPW Partai NasDem Riau Dedi Hariyanto Lubis dan para pengurus NasDem lainnya.

"Hari ini saya datang ke Kantor DPW Partai NasDem Riau untuk nengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Gubernur Riau sekaligus mengembalikannya ke panitia," terang Yopi.

Selain itu Yopi juga menyerahkan beberapa berkas persyaratan Bacalon Gubernur kepada Dedi Hariyanto Lubis.

"Berkas pendaftaran Bacalon Gubernur dari Pak Yopi Ariyanto hari ini kami terima," katanya.

Kepada media mantan politisi Golkar ini menjelaskan makna dirinya dihantar oleh mahasiswa karena membangun Riau agar lebih maju lagi perlu sikap dan pemikiran enerjik.

"Sesuai dengan visi saya. Membangun Riau harus bersama, untuk Terwujudnya pemerintahan yang hebat melalui Inovasi seluruh Pelayanan pemerintahan dan publik dan misi saya, meningkatkan kapasitas kelembagaan dan mengoptimalkan sumber daya organisasi/pemerintahan, mewujudkan pemerataan pembangunan dan mengurangi Kesenjangan. Memperkuat partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan menjadikan masyarakat Riau lebih sehat, lebih pintar, lebih berbudaya dan mencintai lingkungan," ujarnya.

Selain di NasDem Yopi juga akan mendaftar di beberapa Parpol lainnya karena untuk maju sebagai Calon Gubernur Riau perlu koalisi Parpol agar syarat minimal mengusung Paslon Gubernur Riau minimal memiliki 20 persen kursi di DPRD Riau.

"NasDem memiliki 6 kursi perlu tambahan kursi agar bisa mengusung Paslon Gubernur Riau, saya sudah melakukan komunikasi dengan teman-teman dari Parpol lainnya agar bisa bersama-sama berkoalisi mengusung Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau," ucapnya.

Untuk saat ini tambah Yopi dirinya mencalon sebagai Bacalon Gubernur Riau namun posisi tersebut bisa saja berubah sesuai dengan dinamika politik kedepan," Politik itu dinamis dan fleksibel jika kedepannya saya harus di posisi Calon Wakil Gubernur Riau, saya siap," tutupnya. ***