PEKANBARU, GORIAU.COM - Virus MERS-Cov yang berasal dari Timur Tengah dan diduga telah menyerang tiga warga Pekanbaru ternyata mudah menular. Penularannya sendiri langsung dengan kontak antar manusia, seperti diantaranya bersin dan batuk.

Hal ini disampaikan Dokter Spesialis Paru, Azizman Saad saat jumpa persnya bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin, Rabu (7/5/2014) di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Dijelaskannya, penularan Virus MERS-Cov tersebut sangat mudah terjadi. "Cukup dengan bersin dan batuk saja," kata Azizman.

Untuk itu, ketiga pasien yang tengah di rawat di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dan RS Awal Bros diletakkan di ruang isolasi untuk menghindari kontak dengan manusia lainnya.

Azizman menjelaskan, kondisi ketiga psien tersebut sudah mulai membaik dan normal. "Tadi kembali dilakuakn pemeriksaan kepada ketiga psien, kondisinya sudah berangsur normal," jelas Azizman.

Gejala sebelumnya, korban mengalami demam tinggi disertai batuk dan sakit tenggorokan. Untuk itu kemudian dilarikan ke rumah sakit. Ketiganya juga memiliki riwayat baru pulang dari umrah.

Sementara Virus MERS-Cov ternyata sedang mewabah di Timur Tengah, salah satunya Arab Saudi. untuk itu, pihak rumah sakit melakukan penguatan dalam pemeriksaan ketiga pasien.

Saat ini ketiganya sudah dilakukan cek darah. Swapnya juga sudah dikirim ke pusat untuk diteliti. "Butuh waktu satu minggu hingga hasilnya keluar," kata Azizman.***