PEKANBARU – Toyota akan merilis mobil SUV terbaru di ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023. Mobil ini mengusung konsep ala Land Cruiser, tapi harganya hanya sekitar Rp300 jutaan.

Dalam laporan terbaru Carscopps sebagaimana dirilis detikcom, versi mini Land Cruiser itu akan memiliki nama Land Hopper. Ini sebagai titik masuk SUV off-road murah yang bakal dijajakan Toyota. Praktis, Land Hopper akan berada bersama Land Cruiser lain, tapi ditempatkan di bawah Seri 250.

Land Hopper telah didaftarkan sebagai merek dagang pada tanggal 8 Agustus di Kantor Paten Jepang. Merek dagang tersebut termasuk dalam definisi kelas 12, yang mencakup kategori seperti motor dan mesin untuk kendaraan darat, kopling dan komponen transmisi untuk kendaraan darat, dan bagian lain.

Perlu dicatat penamaan Land Hopper bisa saja digunakan untuk pasar tertentu. Pabrikan ini menerapkan strategi penamaan yang berbeda di wilayah lain. Misalnya, Toyota menghidupkan kembali papan nama FJ Cruiser yang terkenal untuk pasar Amerika Utara.

Baru-baru ini mengenalkan desain mobil EV ala SUV dengan nama Compact Cruiser sebagai konsep. Belum ada informasi resmi yang keluar dari Toyota.

Best Car Japan Web menyebut ukuran bodinya kemungkinan besar akan mirip dengan Corolla Cross, dengan panjang total 4.490 mm, lebar total 1.825 mm, dan tinggi total 1.620 mm, namun kemungkinan lebih besar. Total lebarnya menjadi sekitar 1.800 mm dan tingginya 1.850 mm. Tapi Land Hopper akan memiliki bodi persegi dan spatbor yang kokoh, seperti Land Cruiser.

Masih dalam sumber yang sama, opsi powertrain-nya tidak spesifik untuk BEV saja, melainkan bensin 1,8L NA (natural aspirated) dan hybrid untuk Corolla Cross, atau bensin 2L & 2,5L hybrid untuk RAV4. Alternatifnya, bisa mempertimbangkan model 1,5L turbo hybrid yang dimiliki Toyota.

Yang lebih menarik lagi adalah rumor harga untuk mobil off-road compact ini, media tersebut memperkirakan Land Hopper akan akan dijual dengan harga di bawah $27,000. Menurut majalah Jepang tersebut, harga awal diperkirakan akan berada dalam kisaran 3 juta Yen hingga 3,8 juta Yen atau sekitar Rp 311 juta - Rp 394 jutaan.

Tentu direntang harga tersebut, Land Hopper diprediksi bisa bersaing dengan baby SUV lainnya. Misalnya Suzuki Jimny dan Ford Bronco Sport sekalipun.

Land Hopper diprediksi bakal mentas dalam ajang Japan Mobility Show pada akhir Oktober 2023. Mobil itu rencananya bakal dirilis pada paruh kedua tahun 2024.***