PADANG - Dua balita kakak beradik meninggal dunia setelah tertimbun tanah longsor di RT 002 RW 001, Kelurahan Bukit Gado-gado, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (14/7/2023) dini hari.

Dikutip dari detik.com, korban bernama Fadlan Kalif Putra (5) dan Fikri Aulia Sidiq (3) tersebut merupakan anak dari pasangan Hendri Gunawan (HG/35) dan Rizki Mulyani (29).

Informasi yang diperoleh BPBD, longsor terjadi Jumat sekitar pukul 02.00 WIB. Ketika itu HG terbangun mendengar gemuruh dari bukit yang ada di belakang rumahnya. HG beserta istri langsung berlari ke tempat anaknya tidur, namun keduanya sudah tertimbun tanah longsor

"Anak tersebut sudah dievakuasi oleh warga dan akan diselenggarakan untuk pemakaman korban ini," kata Sekretaris BPBD Padang, Robert Chandra Eka Putra, dilansir Antara, Jumat (14/7/2023).

Sambung Robert, hingga Jumat korban jiwa akibat peristiwa banjir dan longsor yang terjadi di Kota Padang ada dua orang.

"Sejauh ini korban jiwa dua orang dan belum ada laporan tambahan. Personel gabungan masih berupaya melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir," kata dia.

Sebelumnya, BPBD Kota Padang menyatakan banjir merata terjadi di kota berpenduduk sekitar 900 ribu jiwa tersebut akibat hujan deras yang terjadi sejak Jumat dini hari.

"Banjir ini merata terjadi akibat curah hujan yang tinggi ditambah air laut yang pasang sehingga membuat debit air tinggi," katanya.

Dia mengatakan, untuk banjir ini, ada 32 titik terjadi di Kota Padang dan petugas sudah melakukan evakuasi di lapangan sejak Jumat malam.

Selain banjir, longsor di empat titik juga terjadi di kawasan Bukit Gado-Gado, Kota Padang.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas PU dan pihak terkait membawa alat berat untuk evakuasi," kata dia.***