PEKANBARU - Hingga Selasa (2/7/2024), kontingen Kota Pekanbaru masih memimpin perolehan medali sementara Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVI Riau tahun 2924. Sementera di posisi kedua dan ketiga ditempati Bengkalis dan Kampar.

Informasi dirangkum dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau, hingga Selasa pagi tadi, kontingen Pekanbaru berada pada posisi paling atas dengan perolehan 17 emas, 16 perak dan 15 Perunggu. Sedangkan Kabupaten Bengkalis dengan 12 emas, 14 perak dan 10 Perunggu. Selanjutnya Kabupaten Kampar dengan 6 emas, 5 perak dan 5 pperunggu.

Perolehan medali emas Kota Pekanbaru disumbang dari cabor renang sebanyak 9 emas, ditambah atletik dengan 7 emas dan bulutangkis dengan 1 emas.

Sedangkan emas untuk kontingen Bengkalis berasal dari cabor renang sebanyak 10 emas ditambah atletik dan sepak takraw masing-masing 1 emas.

Sementara itu, medali emas untuk kontingen Kampar disumbang dari cabor renang sebanyak 4 emas, dan atletik sebanyak 2 emas.

Ketika dikonfirmasi terkait perkembangan terkini di lapangan, Kadispora Riau Erisman Yahya, mengatakan pergerakan perolehan medali masih berjalan dinamis.

"Jadi saat ini belum bisa kita pastikan siapa nanti yang akan menjadi juara umum karena masih ada 26 medali emas lagi yang akan diperebutkan," terangnya.

Ditambahkannya, dari total 76 medali emas yang diperebutkan, baru 50 yang sudah diperoleh masing-masing dari 12 kabupaten dan kota

Menurutnya, mungkin saja di hari selanjutnya, bakal ada kejutan yang bisa merubah peta perolehan medali. "Kemungkinan itu bisa saja terjadi. Sebab para atlet yang berada di SMA Olahraga kan tersebar, sesuai domisili kartu keluarganya," pungkas Erisman Yahya. ***