SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi, didampingi Kadisdikbud Rosdaner SPd berkunjung ke Batam Tourism Polytechnic (BTP) Tiban Ayu Sekupang, Kepulauan Riau, Selasa (7/11/2017). Kunjungan itu membicarakan terkait pengembangan sagu menjadi cadangan pangan nasional.

Kedatangan orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu disambut langsung oleh Direktur BTP M Nur A Nasution SSos MPd CHA.

Saat itu, Irwan dan Rosdaner mengunjungi beberapa ruang kuliah di BTP seperti ruang Pratek (dari kuliner hingga perhotelan). Dalam kunjungan itu, Irwan dapat langsung melihat bagaimana mahasiswa asal Kepulauan Meranti dibimbing dan di diik menjadi enterpreneur muda yang kedepannya dapat menciptakan lowongan pekerjaan baru di daerah asal.

Dalam pembicaraan dengan mahasiswa dan pihak kampus, Irwan ingin adakan kerjasama (antara pemerintah daerah dengan BTP) dalam hal mempromosikan kuliner sagu ke kancah nasional dan Internasional.

Dalam pertemuan singkat itu pula Irwan menyatakan bahwa 20 orang mahasiswa Meranti yang kuliah BTP ini merupakan program dari Disdikbud. Sejauh ini, diakui Irwan, pemerintah sudah memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa di universitas umum seperti di UGM, ITB dan Universitas besar lain yang ada di Indonesia.

"Kedepan dengan program ini, lulusan dari BTP diharapkan dapat meciptakan lowongan pekerjaan. Tidak perlu lagi menjadi honorer atau menumpang kerja. Jadilah insan yang mandiri dan berdikari meraih keuksesan dengan berkarir," kata Irwan.

Kepada mahasiswa Kepulauan Meranti yang kuliah di BTP, dipesankan Irwan agar menjaga nama baik diri, keluarga, dan daerah. Mahasiswa juga harus berkawan dengan banyak orang, agar mempunyai banyak relasi.

"Jangan hanya berkumpul dan berkawan sesama dari daerah sendiri. Perluas networking, perluas persahabatan, agar kelak mempunyai banyak relasi. Jadilah pelopor dan timbulkan sagu sebagai ciri khas daerah ke permukaan. Bila perlu, ajak kawan-kawan dari daerah lain itu masak bersama, misalnya membuat sempolet, lempeng sagu atau makanan khas daerah kita. Kembangkanlah sagu, karna adik-adik adalah duta Meranti," pesan H Irwan.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Rosdaner. Kepada mahasiswa, laki-laki yang akrab dipanggil Om Daner itu meminta agar belajar lebih baik, lebih giat, dan jangan permalukan nama daerah. Mahasiswa diminta mengangkat serta memperkenalkan apa yang menjadi ciri khas daerah Kepulauan Meranti. (rls)