TEMBILAHAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar rapat paripurna dalam rangka Milad ke 59 Kabupaten Inhil tahun 2024 di Ruang VIP Gedung DPRD Inhil Jalan Soebrantas Tembilahan, Jumat (14/6/2024) siang.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Inhil H. Ferryandi di dampingi para wakil pimpinan, Sekretaris Dewan (Sekwan) Indra Yevi Rais serta dihadiri Pj Bupati Inhil Herman, Pj Gubernur Riau diwakili Kadispora Provinsi Riau Roni Rakhmat sera para anggota DPRD Inhil.

GoRiau

Tampak hadir juga Unsur forkompinda Inhil, anggota DPRD Riau dapil Inhil, mantan Bupati dan Wakil Bupati Inhil, Camat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya saat membuka rapat paripurna, Ketua DPRD Inhil H. Ferryandi menyampaikan, pentingnya menjaga persatuan di tengah kemajemukan suku yang ada di kabupaten Indragiri hilir. Hal inilah yang menjadi komplementer satu sama sehingga Kabupaten Inhil bersatu.

GoRiau

Hal itu karena ada nilai – nilai perekat yang disepakati bersama – sama yaitu sebuah toleransi manakala nilai perekat ini longgar dan tidak menjadi rujukan yang aktual maka luruhlah kebersamaan,” pungkasnya.

Dikatakannya lagi, toleransi menjadi dasar filosofi bangsa dan bernegara khususnya di kabupaten Inhil, apa tanda kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat yang pertama tentunya adalah pertumbuhan ekonomi yang baik bagi masyarakat Kabupaten Inhil.

GoRiau

Pada kesempatan Ketua DPRD menyampaikan beberapa hal yaitu, pertama harus memahami bahwa Pilkada bukan hanya tentang memilih pemimpin tapi juga tentang menjaga dan merawat nilai – nilai demokrasi.

“Pilkada adalah wujud dari kedaulatan rakyat di mana setiap suara memiliki arti penting untuk menentukan arah masa depan Kabupaten Inhil,” imbuhnya.

GoRiau

Kedua, marilah menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung, semua pihak baik penyelenggara peserta maupun masyarakat harus berkomitmen untuk menciptakan suasana yang kondusif.

“Pilkada yang damai adalah cerminan dari masyarakat yang dewasa dan bertanggung jawab seperti keberhasilan kita pada Pemilu Pileg dan Pilpres 14 Februari 2024 yang lalu, mampu menjadikan daerah kita ini damai kondusif dari awal sampai akhir,” lanjutnya.

GoRiau

Ketiga, Ketua DPRD Inhil mengajak seluruh elemen masyarakat untuk Menjunjung tinggi sportivitas dalam kontestasi politik, perbedaan pendapat ada hal yang wajar namun perbedaan itu janganlah sampai menimbulkan perpecahan.

GoRiau

“Mari kita sikapi perbedaan dengan bijak dan dewasa serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

GoRiau

Terakhir, Ferryandi mengajak semua pihak berpartisipasi aktif dalam Pilkada ini serta menggunakan hak pilih dengan sebaik – baiknya, pilihlah pemimpin yang benar-benar peduli dan memiliki komitmen untuk memajukan Kabupaten Inhil.

GoRiau

Partisipasi aktif kita adalah kunci untuk mewujudkan pemerintah yang transparan dan akuntabel dalam kalimat yang sederhana. Siapa pun yang maju di Pilkada tahun 2024 adalah putra-putri terbaik Kabupaten Inhil,” tandasnya. ***