PEKANBARU – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mengatakan siap memberikan fasilitas untuk kesehatan para pengungsi Rohingya yang ada di Pekanbaru. Hal ini disampaikan Kepala Diskes Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih, Selasa (31/5/2022).

Ia menjelaskan, para pengungsi tersebut tiba di Kota Pekanbaru sekitar 2 minggu lalu. Sementara ini, pemeriksaan kesehatannya dikoordinir oleh klinik kesehatan Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) dan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM). 

"Setelah ini, kita sudah melakukan kerjasama dengan pihak Rudenim maupun IOM, dalam memeriksa kesehatan para pengungsi asing," ujar Zaini.

Menurutnya, fasilitas yang disediakan Diskes Pekanbaru nantinya, yaitu para pengungsi dapat ditangani oleh Puskesmas terdekat. "Jadi, kedepan, bila dibutuhkan, Diskes siap berikan bantuan," jelasnya.

Seperti berita sebelumnya, pengungsi Rohingya ini sebelumnya dipindahkan ke Pekanbaru dari Aceh pada 18 Mei 2022 lalu. Jumlah mereka berkisar 119 pengungsi.

Pengungsi Rohingya merupakan warga yang terdampak tindakan keras militer Myanmar pada tahun 2017. Mereka melarikan diri dari negaranya dikarenakan adanya aksi genosida dan kejahatan kemanusiaan.

119 pengungsi Rohingya yang dipindahkan dari Balai Latihan Kerja (BLK) Gampong Meunasah Mee Aceh ke Kota Pekanbaru secara bergelombang pada 18 dan 19 Juni, kini ditempatkan di D’Cops 2, di Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru.***