DUMAI, GORIAU.COM - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kesehatan Kota Dumai bekerjasama dengan Persatuan Perawat Gigi Indonesia (PPGI) Cabang Kota Dumai menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) untuk Kesehatan Gigi Dan Mulut yang diperuntukkan bagi masyarakat Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai Dumai.

Acara baksos tersebut secara langsung dihadiri oleh Wakil Walikota Dumai dr Agus Widayat didampingi anggota DPRD Dumai Onny Chairunisya Widayat dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai Marjoko Santoso. Turut hadir Camat Medang Kampai, Lurah Pelintung, tokoh masyarakat dan warga sekitar yang berada di Kelurahan Pelintung Rabu (29/1/2014).

Wakil Walikota Dumai dr Agus Widayat dalam sambutannya menyatakan, bahwa Pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya dapat terwujud."Pembangunan kesehatan diselenggarakan dengan berdasarkan pemberdayaan dan kemandirian, adil dan merata serta mengutamakan dengan memberikan perhatian khusus pada lapisan masyarakat yang rentan terhadap masalah kesehatan, antara lain: ibu, bayi, anak balita, remaja, dewasa, usia lanjut dan keluarga miskin," katanya.

Dijelaskan Agus Widayat yang juga seorang dokter ini, bahwa salah satu aspek kesehatan yang sebenarnya banyak dialami oleh seluruh masyarakat luas adalah kesehat gigi dan mulut. Kesehatan gigi seyogyanya sudah harus disosialisasikan kepada masyarakat secara merata, meskipun dalam usia yang sedini mungkin, terlebih lagi sejak anak-anak dalam usia taman kanak-kanak.

"Perawatan gigi adalah upaya yang dilakukan agar gigi tetap sehat dan dapat menjalankan fungsinya. Sebagai salah satu organ penting dalam proses pencernaan, jika kita memiliki masalah dengan gigi maka dapat dipastikan kita juga akan memiliki masalah dalam proses pencernaan secara keseluruhan. Untuk itulah, masyarakat kita harus dibiasakan merawat gigi baik utamanya secara prersonal dengan menggosok gigi secara rutin," terangnya.

Selaku pemerintah Kota Dumai, Wakil Walikota Dumai sangat memberikan apresiasi serta sangat mendukung diadakannya Bakti Sosial Kesehatan Gigi dan Mulut kali ini."Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat kita memahami tentang pentingnya merawat gigi serta dapat pula mengajarkan kepada seluruh anggota keluarganya dirumah. Melalui kegiatan ini juga saya berharap, seluruh Puskesamas yang ada dapat memberikan pelayanan yang maksimal tentang perawatan gigi terutama puskesmas yang ada dokter giginya serta mensupport masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan," harapnya.(egy)