PEKANBARU - Sebanyak 450 orang jemaah haji dan petugas asal Provinsi Riau yang tergabung dalam Kelompok terbang (Kloter) BTH - 03 akan mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, Senin (24/6/2024).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Riau H. Muliardi mengatakan, Kloter BTH-03 akan enggunakan pesawat saudi airlines SV5466, jemaah asal Kota Pekanbaru tersebut direncanakan tiba pukul 19.05 Wib.

"Jemaah haji pertama Riau yang tergabung dalam BTH - 03 saat ini sudah beradan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah untuk di terbangkan ke Indonesia. Jemaah ini tadi sudah cek out dari hotel 207 pada 23 juni 2024 pukul 22.10 Waktu Arab Saudi dan direncanakan take off pada tanggal 24 juni 2024 pukul 06.10 dan akan tiba di Batam pada pukul 19.05 Wib," ujarnya.

Lebih lanjut Muliardi juga mengingatkan jemaah untuk tidak menambah barang bawaan dan membawa barang yang dilarang oleh maskapai Saudi Airlines.

"Sebagaimana imbauan pihak maskapai Saudi Airlines, jemaah haji tidak diperbolehkan menambah tas jinjingan selain tas yang diberikan oleh Kementerian Agama. Juga tidak dibolehkan membawa air zam zam dan benda - benda yang dilarang oleh maskapai, seperti pisau karter, gunting, potong kuku dan benda logam lainnya, cairan yang melebihi kapasitas yang sudah ditetap serta sesuai ketentuan lainnya dari maskapai,"imbaunya

Muliardi juga berpesan kepada jemaah haji, setibanya di tanah air untuk menjaga kesehatan dan tetap berkonsultasi dengan tim kesehatan haji yang ada di daerah.

"Tiba di tanah air, jemaah haji tetap harus menjaga kesehatan karena efek dari perubahan cuaca dan faktor kelelahan selama menjalankan ibadah haji,"ujarnya.

Sementara itu jemaah haji yang tergabung dalam BTH - 04 sudah bersiap - siap menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Berdasarkan laporan Ketua Kloter H Harun, jemaah sudah melakukan penimbangan kopor oleh pihak maskapai.

"Kami Jemaah BTH - 04 sudah melakukan penimbangan kopor, insyaallah jemaah akan menunu Bandara King Abdul Aziz jeddah pada tanggal 25 juni 2024 pukul 06.50 Waktu Arab Saudi," tuturnya. ***