PEKANBARU - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru tahun ini akan melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 untuk tingkat SD negeri berlangsung secara online. Rencananya, pendaftaran dimulai pada 26 Juni 2024 mendatang.

"Untuk SD secara online, kalau tahun lalu belum kita terapkan. Tapi tahun ini sudah kita diaplikasikan," papar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal.

Dirinya menyadari masih ada masyarakat yang bisa melakukan pendaftaran secara online. Ia mempersilahkan calon peserta didik bersama orangtua bisa datang ke sekolah tujuan.

"Ada panitia yang soal membantu proses pendaftaran calon peserta didik secara online," terangnya.

Jamal menyebut bahwa sistem PPDB tingkat SD negeri secara online sudah dipersiapkan. Mereka juga bekerjasama dengan Diskominfotiksan Kota Pekanbaru untuk meningkatkan server.

Dirinya mengatakan bahwa nanti ada operator di sekolah yang sudah dilatih untuk membantu proses pendaftaran. Masyarakat bisa berkonsultasi dengan operator yang ada di sekolah.

"Kita pastikan tidak sulit untuk proses pendaftaran, ada operator di sekolah siap membantu proses pendaftaran," paparnya.

Dirinya menyebut ada jalur lainnya selain zonasi, yaitu jalur afirmasi. Jalur ini khusus bagi calon peserta didik yang kurang mampu dari segi ekonomi.

Satu syarat dalam PPDB untuk SD negeri, yaitu usia 7 tahun ke atas nantinya wajib diterima. Proses peringkat nantinya untuk rentang usia 7 tahun ke bawah hingga 6 tahun. ***