PEKANBARU – Risnandar Mahiwa resmi dilantik menjadi Penjabat Walikota Pekanbaru. Pelantikan dipimpin Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto, Rabu (22/5/2024) malam di Balai Serindit Gedung Daerah Riau.

Saat memberikan sambutan, Risnandar mengharapkan dukungan dan masukan dari masyarakat, untuk kebaikan dan kemajuan Kota Bertuah.

"Kita Pekanbaru ini termasuk kedalam indeks demokrasi yang tinggi, kalau ada partisipasi, bisa disampaikan kepada Pemko Pekanbaru," ujarnya.

Sebagai Pj Walikota Pekanbaru, dirinya akan terus melibatkan seluruh elemen terkait dalam memajukan Kota Bertuah.

"Tentunya kami akan berkoordinasi dengan OPD terkait, di samping itu kami juga tidak lepas dari masyarakat. Karena pemerintahan hari ini tidak bisa berdiri sendiri. Kita terdiri dari banyak lapisan masyarakat, itu semua kita libatkan," tambahnya.

Risnandar menjelaskan, ia akan segera menjalankan program-program selama menjadi Pj Walikota Pekanbaru.

"Tentunya kita juga punya program sendiri ya, jadi besok kita akan langsung rapatkan dengan Forkopimda," pungkasnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto mengatakan, terpilihnya Risnandar menjadi Pj Walikota Pekanbaru merupakan keputusan yang terbaik.

"Walaupun kita sudah mengajukan beberapa nama kemarin, tapi ini sudah merupakan keputusan terbaik. Beliau memang dipercaya untuk melanjutkan estafet dari Pak Muflihun," ujarnya.

Ia meminta kepada seluruh pihak untuk tidak lagi mempertanyakan mengenai keputusan tersebut.

"Jadi, tolong jangan ada lagi yang mempertanyakan hal itu dan jangan ditentang. Jangan ada tolak menolak, tidak perlu," jelasnya.

SF Hariyanto menyebutkan, masih banyak tugas yang menjadi pr bagi Pj Walikota Pekanbaru.

"Sebagai pejabat transisi, artinya dia harus melaksanakan kegiatan yang belum diselesaikan Pj Walikota sebelumnya. Apalagi masa jabatannya sangat singkat," sebutnya.

Lebih lanjut, SF Hariyanto mengingatkan Pj Walikota yang baru harus dapat mempercepat realisasi anggaran.

"Supaya program yang telah dibuat dapat tercapai dan mengalir kepada masyarakat," imbuhnya.

Terakhir, SF Hariyanto berpesan kepada Risnandar untuk dapat merapat kepada Pemerintah Provinsi.

"Harus cepat mengenal Kota Pekanbaru, perkenalkan diri kepada pejabat-pejabat di Provinsi, dan rapatkan barisan Pemerintah Provinsi dan Kota, apalagi ini sudah mau memasuki Pilkada," pungkasnya. ***