PEKANBARU – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri, meminta Pemko Pekanbaru segera menata ulang tata letak dan pembangunan di Kota Bertuah.

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan mengingat perkembangan kota yang begitu pesat. Bila tidak segera dibenahi, dikhawatirkan akan sangat berdampak terhadap Kota Pekanbaru pada masa mendatang. Salah satunya terkait dengan banjir dan kemacetan lalu lintas, yang saat ini dirasakan semakin parah.

Diterangkannya, penataan ulang ini erat kaitannya dengan beberapa sektor penting. Seperti pengelolaan air, limbah, lalu lintas hingga pusat-pusat perbelanjaan.

“Terkait dengan pembangunan kota ini sangat diperlukan lagi penyusunan. Karena saya lihat masih banyak sebagian wilayah yang padat penduduk, namun sebagian lagi sebaliknya,” katanya, Kamis (25/4/2024).

Ditambahkannya, penataan ulang ini bertujuan agar Kota Pekanbaru ini menjadi tempat yang nyaman. Baik untuk tempat tinggal maupun tempat berbisnis,” jelasnya.

Waktu Lama

Namun, Ia juga menyadari untuk mewujudkan hal tersebut, memerlukan jangka waktu yang sangat panjang.

“Ini memang memerlukan waktu yang panjang. Namun, kalau tidak segera dibenahi, ini dapat membahayakan Kota Pekanbaru 10 tahun ke depan. Mengingat saat ini saja sudah banyak terjadi kemacetan, banjir dan sebagainya.”

Azwendi berharap, dengan adanya penataan ulang kembali Kota Pekanbaru, pusat-pusat kegiatan masyarakat menjadi lebih rapi daripada kondisi saat ini.

“Jadi nanti jelas, rumah sakit posisinya di mana, begitu juga pusat perbelanjaan dan hiburan nantinya ada di mana. Sehingga masalah-masalah yang kita hadapi hari ini tidak lagi kita temukan di masa yang akan mendatang,” pungkasnya. ***