PEKANBARU – Proses penjaringan bakal calon Gubernur Riau yang digelar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Riau, ternyata banyak diminati.

Pada hari pertama penjaringan yakni Kamis (25/4/2024), tiga bakal calon Gubri langsung mengambil formulir pendaftaran di antor DPD PDIP Riau di Jalan Sudirman Pekanbaru.

Sedangkan dua calon lagi dikabarkan segera menyusul. Keduanya adalah mantan Bupati Bengkalis Syamsurrizal dan mantan Gubri Annas Maamun.

Seperti diungkapkan Ketua Tim Penjaringan Calon Gubernur Riau dari PDIP Riau, Syafaruddin Poti, ketiga calon yang sudah mengambil formulir tersebut Eddy Natar, HM Harris dan Abdul Wahid.

"Tadi urusan mereka yang datang mengambil formulir ke kantor," terangnya.

Sedangkan untuk pengembalian formulirformulir, sejauh baru Eddy Natar yang sudah memberikan kepastian. Rencananya, Eddy akan mengembalikan formulir pada Selasa (30/4/2024) mendatang.

"Sedangkan untuk Pak HM Harris dan Abdul Wahid, katanya masih menentukan waktu yang pas. Kita perkirakan waktunya mungkin tak begitu jauh dari Pak Eddy," tambah Poti.

Dua Lagi Menyusul

Selain tiga calin tersEbut, dia calon lainnya juga dikabarkan juga akan melakukan langkah serupa. Keduanya adalah Syamsurizal dan Annas Maamun. "Mungkin besok (Jumat, 26/4/2024), " ujar Poti lagi.

Menurut Poti, selama waktu proses penjaringan masih terbuka, pihaknya akan menerima dengan tangan terbuka bagi siapa saja bakal calon Gubernur Riau yang berminat maju dengan menggunakan perahu PDIP.

Namun kepastian siapa yang bakal didukung PDIP, pihaknya tidak bisa memastikan. Sebab keputusan final ada di tangan DPP PDIP.

"Saat ini kita memberikan kesempatan yang sama kepada tokoh-tokoh di Riau ini, walaupun bukan dari kader PDIP. Kita tidak prioritaskan kader, tapi pada sosok yang mampu membangun Riau dan demi kesejahteraan masyarakatnya," pungkasnya. ***