PEKANBARU – Ajang Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) tahun 2024 ini, diprediksi bakal sedikit menarik. Hal itu terkait dengan partisipasi kaum perempuan.

Sejauh ini, partisipasi kaum perempuan di ajang Pilgubri bisa dikatakan sangat kecil. Bahkan belum pernah ada calon Gubri maupun calon Wagubri yang berasal dari kalangan perempuan.

"Tampaknya, dalam ajang Pilgubri 2024 nanti, bisa jadi kondisi ini akan berubah," ujar pengamat politik Universitas Islam Riau (UIR), Dr Edy Sabli, Kamis (23/4/2024).

Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Riau dua periode ini memprediksi, pada ajang Pilgubri 2024 ini, partisipasi kaum perempuan akan lebih tampak.

Dalam pandangannya, saat ini ada tiga orang tokoh perempuan Riau, sudah sangat familiar di tengah-tengah masyarakat di Bumi Lancang Kuning.

Para tokoh yang dimaksud adalah, Septina Primawati Riski, anggota DPRD Riau yang juga istri mantan Gubri Rusli Zainal. Selain itu ada sosok Kasmarni, yang kini menjabat sebagai Bupati Bengkalis. Tidak hanya itu, masih ada sosok Intsiawati Ayus, yang juga senator asal Riau dan kini masih tercatat sebagai anggota DPD RI.

Menurut Edy Sabli, karena sosok mereka yang sudah begitu familiar di tengah masyarakat, sangat mungkin ketiga tokoh perempuan ini bakal menjadi rebutan bagi para calon gubernur. Dalam hal ini, Edy memprediksi mereka akan diajak bergabung dengan posisi sebagai calon wakil gubernur.

"Pertimbangannya, suara perempuan di Riau cukup dominan," tutur Edy Sabli.

Dengan hadirnya sosok perempuan dalam Pilgubri nanti, maka akan ada nuansa yang berbeda dalam dinamika perpolitikan di Riau.

Menurut Edy, besar kemungkinan siapa yang dapat meminang salah satu dari ketiga tokoh perempuan Riau ini, bakal meraup suara besar. "Kemungkinan ini sangat bisa terjadi," pungkasnya. ***