BANJARMASIN - Kemalangan sangat memilukan menimpa seorang ibu berinisial MS (38 tahun), saat melahirkan bayinya di salah satu rumah sakit di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Ahad (14/4/2024) lalu.

Diduga akibat kelalaian tenaga kesehatan (nakes) yang membantu proses persalinannya, kepala bayi MS tertinggal di dalam rahimnya karena terputus dari tubuh sang bayi.

Dikutip dari Republika.co.id, Kepala Satuan Reskrim Polresta Banjarmasin Kompol Thomas Afrian mengatakan, pihaknya akan menyelidiki dugaan malapraktik persalinan MS tersebut.

“Posisi bayi sudah sungsang atau terputar, namun tenaga kesehatan tetap melakukan proses persalinan normal. Kami sudah membentuk tim untuk menyelidiki kasus ini,” ujar Thomas Afrian, pada Kamis (25/4/2024).

Thomas menuturkan, dugaan malapraktik itu terjadi pada Ahad (14/4/2024) sekitar pukul 04.00 WITA. Namun, tidak langsung dilaporkan korban ke kepolisian.

“Kejadian ini dilaporkan ada jeda waktunya karena saat itu kondisi sang ibu mengalami infeksi sehingga harus menjalani perawatan terlebih dahulu,” ucapnya.

Lanjut Thomas, pada Jumat (19/4/2024), keluarga korban mendatangi Polresta Banjarmasin untuk memberikan beberapa keterangan guna ditindaklanjuti penyelidikan.

Hingga saat ini, pihaknya telah memeriksa empat saksi dari pihak keluarga korban dan beberapa saksi lain.

Pihak kepolisian juga sedang menghimpun beberapa keterangan dan alat bukti dari tenaga kesehatan yang ada di rumah sakit terkait.

“Belum ada tersangka, tetapi proses penyelidikan masih berjalan intens agar kasus ini segera terungkap,” sambung Thomas.***